Budiyanto Darmastono, Presiden Direktur sekaligus pendiri SAP Express mengatakan perusahaan kurir ini prinsip strateginya adalah kepercayaan dan komitmen. Sayangnya banyak perusahaan kurir yang ada beberapa gagal lantaran tidak dapat bersinergi, tidak ada konektivitas dan kurangnya komitmen antara cabang dengan pusat.

Ia menjelaskan beberapa keunggulan SAP Express Courier adalah dengan menjalankan system android yang dijalankan dari pusat hingga cabang- cabang resmi SAP di seluruh nusantara dari Aceh sampai Papua. SAP Express membuka cabang sendiri sehingga otomatis laporannya akan selalu update dan kiriman barangnya akan lebih terjaga.

Sehingga cabang- cabang mengikuti SOP yang telah ditetapkan dari pusat dan alhasil pelanggan pun puas dengan layanan SAP. Kelebihan lainnya dengan system cabang kita juga bisa menerima cash on delivery. Pelaporan cepat, bisa cod di tengah berkembang pesatnya e-commerce jadi keunggulan SAP yang tidak semua jasa courier bisa, kata Budiyanto kepada Franchiseglobal.com, Selasa, (7/5/2019).

Hingga kini SAP Express Courier sudah memiliki 80 cabang, adapun titik antar sudah go di seluruh Kabupaten. Untuk COD sendiri kita sudah melayani 69 ribu kelurahan dan untuk non cod 96 ribu titik.

Infrastruktur cabang yang kita benahi, hingga akhirnya semua daerah dapat tersentuh dengan cepat baik itu pulau kecil sekalipun. Tidak ada yang tidak tercover oleh SAP, semuanya bisa, ujarnya.

Selain itu berbagai inovasi dilakukan SAP, antara lain inovasi SDM bagiamana caranya agar kurir selain mengantar barang dia juga bisa sekaligus mempick up delivery ke seller marketplace maupun ke pembeli. Jadi ketika pembeli tidak puas dan meminta return barang, maka SAP siap menjemput dan mengantarkannya kembali ke si penjual.

Tidak semua jasa kurir bisa seperti demikian, selain itu dalam sistem COD kita membuat terobosan dengan melakukan reconcile COD di mana SAP bisa melakukan reconcile COD dalam jangka waktu sehari kalau jasa kurir lainnya biasanya seminggu. Di system kita selalu update, kurir pun wajib memfoto paket dan meminta tanda tangan. Sehingga semua senang menggunakan SAP karena sesuai dengan perkembangan trend saat ini, tuturnya.

Hingga kini sudah ada lebih dari 400 agen konter retail, di tahun 2019 ini SAP menargetkan 600 agen lagi hingga mencapai 1000 outlet. Selama bulan Ramadhan ini belanja di Ecommerce sedang naik, sehingga SAP akan memberikan pelayanan penuh dengan penambahan jumlah kurir, penambahan armada dan tidak ada hari libur kecuali hari H lebaran.

Bagi calon investor dapat menjadikan SAP sebagai bisnis yang menguntungkan. Alasannya saat ini membuat bisnis sendiri itu cukup sulit, tetapi paling tidak ikutilah franchise bisnis yang sudah besar dan usahanya selalu dibutuhkan manusia, salah satunya bisnis jasa logistik. SAP juga memberikan keuntungan 25% bagi investor, tutupnya. [hfz]