Franchiseglobal.com - Mengusung tagline “Yang begini belum pernah lihat” jadi sesuatu yang belum pernah  terlihat di Indonesia, maka PT. Kalijodo Aladin Indonesia menjadi yang terdepan dalam menghadirkan inovasi produk itu. Beberapa brand yang telah dihadirkan antara lain Kalijodo Coffee, Jodo Banana, Jodo Fried Chicken dan Jodo Sandwich bar. Melalui konsep yang dihadirkan mereka berkomitmen dalam 5 tahun ke depan dapat mendirikan 1000 outlet dan di akhir tahun 2019 ini sebanyak 100 outlet akan berdiri.

Founder PT. Kalijodo Aladin Indonesia, Willy Tan mengatakan Kalijodo Coffee berdiri di tanggal 19/9/2018, sebuah nama yang diambil dari sungai Kalijodo. Pada mulanya banyak orang memandang nama Kalijodo itu cenderung negative bahkan banyak yang mengusulkan untuk tidak menggunakan nama ini, sebab nanti akan berdampak ke bisnisnya. Akan tetapi menurut Willy Tan, kalau sebuah nama yang akan kita buat ingin mengguncang dunia ini, maka carilah nama yang paling panas atau dingin sehingga dapat menarik perhatian masyarakat.

“Saya pribadi yakin dengan nama ini, akan menjadi sebuah branding yang akan memberikan impact terhadap seluruh masyarakat,” kata Willy Tan kepada Franchiseglobal.com di tengah- tengah pameran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2019, Sabtu, (14/9/2019).

Dia mengungkapkan dalam perjalanannya membangun bisnis franchise Kalijodo Coffee banyak pelajaran yang dapat dipetik guna kesuksesan bisnis di masa mendatang. Di tahun 2018, dengan sedikit pengatahuan terkait bisnis franchise selama 5 bulan berdiri pun belum ada satu franchise yang terjual. Ternyata dari sana Ia mengaku adanya kekeliruan dalam membangun sebuah bisnis franchise.

“Alhasil dari pengalaman itu, kita berbenah. Di tahun 2019 ini kita akhirnya mengalami terobosan terbesar dengan terjualnya 64 outlet franchisee, dan yang sudah dibuka sebanyak 32 outlet. Bahkan dua bulan lalu kita juga mengeluarkan konsep baru, Jodo Kitchen dan sudah terjual 5 franchise,” ujarnya.

Untuk bergabung menjadi mitra Kalijodo Coffee, mitra harus menyiapkan nilai investasi sebesar Rp150 juta dengan rincian Rp50 juta biaya franchise fee berlaku selama 3 tahun, Rp35 juta untuk peralatan, bahan baku awal Rp15 juta dan untuk boothnya sendiri RP50 juta.

Adapun konsep bisnis Jodo Kitchen yang di dalamnya termasuk Kalijodo Coffee, Jodo Banana, Jodo Fried Chicken dan Jodo Sandwich bar memiliki nilai investasi seharga Rp250 juta hanya untuk franchise fee yang berlaku selama 5 tahun. Nilai itu belum termasuk peralatan, ruko dan dekorasi. Sementara untuk investasi terpisah Jodo Banana, Jodo Sandwich bar dan Jodo Fried Chicken memiliki nilai franchise fee masing- masing Rp20 juta.

“Tentunya kita ini lebih berkolaborasi dengan mitra, dimana pihak Kalijodo sendiri akan selalu mensupport dalam hal marketing atau branding, seperti mengundang food vlogger. Sehingga franchisee hanya tinggal membuka gerai dan mengoperasikannya sesuai SOP setelah menjalani training,” terangnya. [hfz]