Perusahaan jasa pengiriman barang PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir membidik pertumbuhan bisnis hingga 30% pada sepanjang tahun ini. Melalui brand JNE, perusahaan ini optimistis dalam mengarungi tahun bisnis 2019.

Head of Marketing Communication JNE Doedi Hadji menyebut target tersebut semakin mengukuhkan perusahaan sebagai salah satu pemain utama dalam industri jasa kurir.

“Sejak berdiri pada 26 November 1990, kami terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Kinerja positif tersebut tidak lepas dari kemampuan kami untuk selalu berhasil mengatasi tantangan dan dinamika yang berkembang di market,” ujarnya Rabu (21/8).

Kecakapan JNE dalam mengembangkan  bisnis dibuktikan dengan  eksisting gerai saat ini yang telah mencapai 7.000 outlet. Tak ayal, jajaran stakeholder JNE kemudian memasang  target pertumbuhan gerai baru hingga 15% setiap tahunnya.

Kebijakan tersebut sangat beralasan. Dengan perkembangan teknologi informasi yang cukup masif dalam kurun waktu 10 tahun belakangan, industri jasa kurir cukup terdongkrak berkat kehadiran market place yang yang banyak mengirimkan pesanan belanja konsumen.

Seolah mendapatkan momentum, JNE hadir sebagai salah satu pilihan utama customer untuk urusan jasa logistik. Perkembangan dan pertumbuhan bisnis inilah yang kemudian menjadi katalis utama investor untuk membenamkan  modalnya di JNE.

Ceruk ekonomi jasa kurir dinilai bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi mitra yang bergabung di dalamnya. Untuk itu, JNE kemudian menawarkan paket kemitraan kepada investor yang ingin bergabung dalam bagian sukses usaha jasa logistik.

Syaratnya mudah. Para calon investor cukup melengkapi berbagai persyaratan yang telah ditentukan oleh JNE pusat. Beberapa persyaratan tersebut meliputi identitas diri, lokasi usaha yang representatif, SDM, serta sejumlah peralatan operasional. Nantinya, JNE pusat akan mem-provide sistem operasional, training, branding, dan juga monitoring jalannya usaha.

Nantinya, skala usaha mitra JNE dapat berkembang lebih besar lagi apabila telah memenuhi akumulasi target penjualan selama tiga bulan masa percobaan operasional. Target tersebut adalah KCU Grade A Rp50 juta, KCU Grade B dan C Rp10 juta, dan KCU Grade D dan E Rp2 juta.

Secara total, pekerja yang telah ambil bagian dalam bisnis JNE ini adalah sebanyak 45.000 orang, dengan rincian perkiraan 5-6 orang pekerja di setiap gerainya.

Berkat kinerja yang gemilang juga JNE berhasil meraih beberapa penghargaan seperti diantaranya adalah 1st Millennial's Choice in Courier Services Category 2019, Indonesia Top Digital Public Relation Award 2019, dan juga Wow Brand 2019 "Gold Champion" 2019.