Untuk memberikan apresiasi kepada bisnis waralaba, lisensi dan kemitraan yang mampu bertahan di tengah pandemi dan menjadi peluang bisnis yang berpotensi, Franchiseglobal.com bekerjasama dengan Tras N Co Indonesia menginisiasi Top Opportunity Choice Award 2022 & Top Rising Business Award 2022.

Top Opportunity Choice Award 2022, merupakan apresiasi dan pengakuan bergengsi kepada pemilik bisnis waralaba, lisensi, kemitraan dan peluang usaha yang telah berusia 5 tahun lebih, dan berhasil membangun brand, menciptakan peluang, dan mengembangkan bisnisnya, sehingga menjadi peluang bisnis franchice dan lisensi yang berpotensi.

Sedangkan Top Rising Business Award 2022, diberikan khusus kepada peluang bisnis yang berusia kurang dari 5 tahun, yang mampu survive dan tetap tumbuh berkembang secara performa bisnis selama satu tahun terakhir, sehingga dapat terus tumbuh dan berkembang di tahun mendatang, dan menjadi peluang kemitraan yang potensial.

Susilowati Ningsinh, CEO FranchiseGlobal.com mengatakan ada beberapa perusahaan franchise, lisensi, kemitraan yang mampu bertahan, bahkan membubuhkan kinerja yang cukup baik di 1 tahun terakhir di masa pandemic covid 19.

Di masa Endemi saat ini bisnis franchise dan kemitraan semakin tumbuh meskipun di 2 tahun terakhir kita ketahui bisnis terpengaruh oleh pandemi. “Namun dengan adanya sinergi berbagai pihak dari pemerintah, asosiasi, pengusaha di industry franchise dan kami pun selaku media tetap optimis bahwa bisnis franchise , lisensi dan kemitraan di tahun 2022 ini bahkan di tahun mendatang akan semakin menunjukkan peningkatan yang positif ,” ujar Susilowati Ningsih.

Untuk menentukan peraih Top Opportunity Choice Award 2022, dilakukan berdasarkan riset dan penilaian dengan menggunakan metode desk research yang mengacu pada tiga aspek penilaian; Popularity Aspect, Interest Aspect, dan Business Development Aspect. Sementara, Top Rising Business Award 2022 diukur berdasarkan penilaian: Business Establishment Aspect, Digital Brand Awareness Aspect, Dan Number Of Outlets Aspect.

“Proses penilaian dilakukan pada bulan Desember 2021 – Februari 2022, terhadap 70 kategori binsis dengan lebih dari 500 brand teriset,” jelas Panji Nurdiyan Syah , Research Director TRAS N CO Indonesia.

Adapun beberapa brand waralaba, lisensi dan kemitraan yang berhasil menyabet penghargaan Top Opportunity Choice Award 2022 antara lain; Bang Aji Arabian Kebab, Amor Cake, Green Nitrogen, Kebab Turki Baba Rafi, dan RJ Steel, English First (EF), Nibras (Nbrs) collection. Sementara peraih Top Rising Business Award 2022, yakni The Daily Wash Laundromart.

Penyerahan penghargaan sendiri, dilakukan pada hari Sabtu (4/6/2022), bertepatan dengan momen spesial, pameran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2022, yang berlangsung pada 3-5 Juni 2022. FLEI sendiri memamerkan lebih dari 200 merek usaha waralaba, lisensi, pendukung usaha retail dan berbagai peluang usaha lainnya.