Hal ini disampaikan oleh Wong Benny selaku owner dari Gracious Preschool pada Franchiseglobal.com beberapa waktu lalu. Menurut dia, bisnis pendidikan yang telah dibangunnya sejak 2010 lalu itu sangat berbeda dengan lembaga pendidikan pada umumnya.

“Kita jelas memberikan sebuah peluang bisnis yang sangat berbeda dibandingkan dengan sekolah lain. Karena konsep kita bukan memperbanyak titik atau cabang, tapi lebih kepada kualitas,” katanya.

Dengan segala macam kualitas yang diberikan kepada anak didiknya, Wong Benny mematok nilai investasi diatas Rp1 miliar untuk para calon mitranya yang tertarik untuk menjadi jaringan bisnisnya.

“Karena kita bukan hanya sebagai lembaga pendidikan pada umumnya. Kita sangat berbeda dengan lainnya. Mulai dari konsep hingga support yang akan diberikan kepada calon franchisee juga akan kita support,” ujarnya.

Adapun support yang dimaksud adalah mulai dari support system, finance hingga manajemen. “Sehingga ketika mitra kita membuka outlet tidak kita tinggal begitu saja. Tapi kita support dari tim manajemen kita langsung selama 6 bulan lamanya. Franchisee hanya tinggal duduk manis dalam menjalankan usaha ini,” tukasnya.

Menurut Wong Benny, nantinya mitra juga diwajibkan untuk membayar manajemen fee sebesar 5 persen. Biaya tersebut berlaku ketika cabang mitra sudah mulai berjalan dengan normal dan mengalami pertumbuhan.

“Kita lihat dulu pertumbuhan bisnisnya. Jika bagus maka akan kita tarik manajemen fee,” terangnya.

Untuk perkiraan balik modalnya sendiri, kata Wong Benny, akan terjadi dalam kurun waktu 3 tahun dengan potensi omset jika sekolah yang dikelola mitra tumbuh pesat bisa mencapai Rp5 miliar per tahunnya.

Karena lebih mementingkan kualitas daripada kuantitas, Wong Benny bersama Gracious akan selektif dalam memilih calon mitranya. Menurutnya, tim pusat akan meninjau terlebih dahulu lokasi dan kota yang akan dibangun Gracious.

“Karena jelas sebuah usaha yang bagus juga lokasi sangat mempengaruhi. Kemudian tingkat kepadatan penduduk di satu kota juga harus dilihat. Tim pusat akan seleksi terjun langsung untuk survey,” pungkasnya.

Silakan klik Gracious Preschool & Kindergarten untuk mengetahui nilai investasi, BEP dan informasi lainnya. [ded]