Perkembangan positif ekonomi dalam negeri membawa manfaat tersendiri pada berbagai sendi kehidupan bermasyarakat di negara ini. Salah satu segmen usaha yang ikut menopang perekonomian adalah bisnis franchise, kemitraan, dan lisensi.

Direktur INFO BRAND GROUP Susilowati Ningsih mengatakan potensi serta peluang bisnis yang dihadirkan oleh segmen usaha franchise, kemitraan, dan lisensi begitu besar. Belum  lagi jika para pelaku bisnis mengkolaborasikan kegiatan berekonomi mereka dengan media digital.

“Saat ini terdapat 170 juta lebih pengguna internet di indonesia yang sudah membelanjakan Rp146 triliun uang mereka di ranah maya. Dari jumlah tersebut, valuasi skema franchise, kemitraan, dan lisensi baru menyumbang angka Rp7,5 triliun setiap tahun. Ini adalah kesepatan besar bagi setiap insan, baik itu  franchise maupun franchisor untuk memperbesar ceruk bisnis mereka,” ujarnya saat memberikan pidato sambutan pada acara Indonesia Digital Popular Brand Award 2019 di Manhattan Hotel, Jakarta, Jumat (30/8).

Menurut dia, digital adalah adalah sebuah solusi sekaligus motor utama dalam menerabas rintangan bisnis. Digital juga merupakan upaya konkrit dalam menembus barrier ruang dan waktu.

“Pemanfaatan media digital pada masa kekinian merupakan sebuah keharusan dalam menyambut pasar 4.0 yang semakin dinamis,” sambungnya.

Untuk itu, melalui penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award, pihaknya memberikan apresasi kepada para pelaku usaha franchise, kemitraan, dan lisensi di Tanah Air yang secara cerdas memanfaatkan ranah maya dalam kegiatan berekonomi.

“Penyematan lebel brand paling populer secara digital bukan hanya sebagai atribusi pelengkap portofolio bisnis. Lebih dari itu, apresiasi ini merupakan evidence nyata eksistensi brand-brand terpilih yang telah teruji secara empiris cukup dikenal berdasarkan search engine, web based, dan juga sosial media based,” tuturnya. 

Lebih jauh, predikat The Most Popular Digital Brand juga bermakna legitimasi netizen Tanah Air dalam mengenal, memaknai, serta menggunakan brand-brand terpilih dalam kehidupan sehari-hari mereka. 

Dalam catatannya, para penerima penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2019 merupakan brand unggulan yang berhasil menyingkirkan 700 kandidat brand lain yang masuk dalam 80 kategori.

Menurut dia, apresiasi ini sekaligus penghargaan atas pencapaian kinerja bisnis para pelaku usaha franchise, kemitraan, dan lisensi yang diharapkan dapat menginspirasi pelaku brand lain.

“Kami percaya, penghargaan yang  diterima malam ini dapat menjadi milestone untuk meningkatkan brand image, serta memenangkan persaingan pasar yang semakin hari semakin kompetitif,” tutup Susi.