Hal ini pun diakui oleh salah satu pemain retail terbesar di Indonesia, Alfamart. Kehadirannya di tengah-tengah masyarakat saat ini membuat Alfamart terus tumbuh dengan pesat. Hubungannya dengan konsumen pun kian erat seiring dengan kecanggihan teknologi digital saat ini.

“Alfamart sudah mulai konsen di dunia digital sejak tahun 2003. Saat itu kami meluncurkan website www.alfamartku.com yang pada saat itu lebih banyak difungsikan secara satu arah yaitu untuk memberikan informasi kepada calon terwaralaba, supplier ataupun konsumen Alfamart. Website pun juga berperan sebagai salah satu saluran keluhan dan saran bagi konsumen Alfamart,” ungkap GM Maketing Alfamart, Linda Valentin dalam keterangan resminya yang diterima Franchiseglobal.com, Senin (9/7/2018).

Kemudian pada tahun 2010, lanjut Linda, Alfamart mulai masuk ke sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Line dan Youtube. Hingga saat ini sosial media menjadi channel digital yang paling diandalkan Alfamart untuk membangun emotional bounding dengan konsumen melalui berbagai program ataupun aktivasi yang telah dibuat melalui platform-platformtersebut.

“Justru karena digital dipandang sebagai salah satu alat komunikasi yang sangat efektif dan murah, digital initiatives menjadi salah satu corporate key direction dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini. Karena dunia digital merupakan sebuah ekosistem dengan segmen yang bisa dibilang cukup berbeda dengan segmen konsumen Alfamart pada umumnya, tetapi juga ternyata banyak konsumen Alfamart yang juga cukup aktif di dunia digital sehingga selain menggarap segmen baru di industri retail, dunia digital juga membuat hubungan antara Alfamart dan konsumen menjadi lebih interaktif dan tentunya memungkinkan Alfamart terus berinovasi untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen Indonesia,” jelasnya.

Menurut Linda, teknik marketing yang dilakukan melalui dunia digital sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Alfamart. Karena pendekatan yang dilakukan melalui dunia digital tentunya sangat berbeda dengan pendekatan atau komunikasi yang dilakukan di dalam toko. Meskipun pada akhirnya tujuannya sama, yaitu untuk memenangkan hati konsumen.

Saat ini Alfamart sendiri masih terus mengandalkan website resminya www.alfamart.com untuk memberikan informasi terkait dengan promo terbaru, manfaat menjadi member, layanan pembayaran untuk transaksi digital, informasi tentang waralaba Alfamart dan cara menghubungi customer care.

Sekalipun lebih pasif dibandingkan dengan sosial media, menurut Linda, website tetap dianggap perlu sebagai representasi Alfamart untuk memberikan informasi-informasi yang bersifat corporate. Update content ataupun design juga dilakukan secara rutin pada periode-periode tertentu.

“Kami jg mempunyai aplikasi Alfagift yang bertujuan untuk memberikan special benefit untuk member Alfamart. Konsumen Alfamart dapat dengan mudah menjadi member atau menghubungkan kartu member fisiknya menjadi kartu digital agar pada saat berbelanja di Alfamart, mereka tidak perlu repot-repot membawa kartu member, melainkan hanya perlu menunjukkan kartu virtualnya yang ada didalam handphone mereka. Berbagai fitur lain juga disediakan di Alfagift, mulai dari informasi lokasi toko terdekat, informasi promo terbaru dan program ataupun promo yang dijalankan melalui Alfagift,” kata Linda.

Linda melanjutkan, dunia digital saat ini bukan hanya digunakan sebagai alternatif channel untuk membangun awareness saja, tapi juga mampu untuk memberikan kontribusi pada tahap konversi. Dengan begitu diharapkan mampu meningkatkan traffic konsumen ke toko Alfamart.

“Bahkan saat ini tahap konversi yang kami targetkan sudah sampai tahap membangun loyalitas. Karena memang selain digital, CRMjuga dianggap Alfamart sebagai salah satu strategi kunci sehingga penggabungan dari dua powerful tools ini diharapkan mampu memberikan diferensiasi bagi Alfamart dibandingkan retailer lain,” tutup Linda.

Informasi lebih lanjut bisa cek di website atau sosial media Alfamart :

Website : http://www.alfamartku.com/

Alfagift : http://alfamartku.com/alfagift/

Facebook : https://www.facebook.com/alfamartku/

Twitter : https://twitter.com/alfamart

Instagram : https://www.instagram.com/alfamart/

LINE : https://line.me/R/ti/p/%40alfamart

Youtube : https://www.youtube.com/user/thealfamart

Silakan klik Alfamart untuk mengetahui nilai investasi, BEP dan informasi lainnya. [ded]