FRANCHISEGLOBAL.COM, JAKARTA - FLEI EXPO Edisi ke-19 dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas) dan beberapa perwakilan dari instansi Kementerian hingga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Zulhas mengatakan, walaupun keadaan dunia sedang seperti ini tapi Indonesia masih tumbuh, Q3 perekonomian Indonesia tumbuh 5,72%, ekspor Indonesia bahkan surplus sekitar USD40 miliar.

"Ini merupakan kabar positif yang patut kita syukuri," kata dia saat membuka pameran Franchise & License Expo Indonesia 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Jumat (18/11/2022).

Dia juga menyebutkan, FLEI Expo merupakan wadah dari Kerja Sama Kolaborasi karena melibatkan seluruh aspek dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, KADIN, WALI, Panorama Media serta para pelaku bisnis yang memiliki bersumbangsih besar atas pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini.

"Waralaba saat ini berkembang pesat, kita musti percaya diri. Sebenarnya kita kaya akan entrepreneur muda dengan kreatifitas makanan, minuman maupun produk-produk yang menarik,” ujarnya.

Zulhas juga mengatakan, Indonesia harus percaya diri karena memiliki talenta muda hebat yang mampu menghasilkan produk berkualitas. Ini dibuktikan dengan waralaba yang telah berhasil menembus pasar internasional, salah satunya melalui ribuan jaringan retail Indonesia di Filipina.

"Kita mesti percaya diri, Indonesia memiliki talenta anak muda hebat dalam menghasilkan produk yang mampu menembus pasar internasional. Ini harus kita fasilitasi sehingga dapat menyerbu pasar dunia. Indonesia punya potensi, punya sumber daya, serta segala persyaratan untuk mencapai hal itu," jelasnya lagi.

Dia pun berharap, pameran ini dapat menjadi ajang untuk mengembangkan usaha waralaba, khususnya yang berada di berbagai pelosok daerah.

"Kita mempunyai potensi yang luar biasa untuk itu harus difasilitasi. Saya harap pelaku usaha besar turut memfasilitasi sehingga dapat menyerbu pasar internasional," tandasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan serta beberapa informasi perkembangan dunia usaha waralaba, lisensi dan peluang bisnis dipaparkan secara singkat, padat dan jelas dari Royanto Handaya, President Director Panorama Media, Tri Rahardjo Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), dan Levita G. Supit, Vice Chairwoman Permanent Committee Franchising, Licensing & Network Marketing, KADIN.