Di tahun 2019 sendiri, bisnis franchise masih menjadi tren atau incaran calon investor yang ingin membuka usaha tanpa memulainya dari nol. Hal ini pernah disampaikan oleh Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo beberapa waktu lalu saat menggelar jumpa pers di Jakarta.

Menurut dia, ada beberapa bisnis franchise yang masih menjadi incaran investor di tahun 2019 ini. Sebut saja franchise di kategori minimarket, resto kekinian serta jasa pengiriman. Bukan hanya menjadi kebutuhan masyarakat saja, tapi juga memang permintaannya yang sedang tinggi.

Alasan calon investor menyukai franchise minimarket misalnya, kata dia, karena sistem pengelolaannya yang pasif. Dengan begitu, calon investor tak perlu susah-susah belajar dari awal, karena bisnisnya sendiri sudah berjalan dan dikelola oleh pemilik utamanya.

Dalam memilih bisnis franchise, Tri Raharjo melanjutkan, juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh calon investor. Hal ini dilakukan agar bisnis franchise yang dipilih sesuai dengan harapan.

Sedikitnya ada lima poin penting, seperti bisnisnya “proven” atau secara usia bisnisnya sudah lebih dari lima tahun. Kemudian produknya juga mudah dijual. Lalu bagaimana pelayanan dan mereknya. Karena kalau pelayanannya bagus dan mereknya sudah dikenal maka akan lebih mudah dijual. Selanjutnya lihat orangnya dan track record-nya dan terakhir profit atau bagaimana keuntungannya. [ded]