franchise indonesia, waralaba makanan, peluang bisnis, franchise minuman, franchise minimarket, bisnis franchise 2017

Indonesia Digital Popular Brand (IDPBA) 2017 Anugerah Wirausaha Indonesia (AWI) 2017

FIND A FRANCHISE

Efektifitas Peringatan Pendaftaran Waralaba


Posted by:      31 Januari 2018 - 17:55 WIB    154 Viewers
Efektifitas Peringatan Pendaftaran Waralaba

Beredarnya surat peringatan ke-1 atas pendaftaran waralaba dari Direktorat Jendral Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia pada 16 Januari 2018 memang kembali menyita perhatian para pelaku usaha Indonesia. Salah satunya ialah konsultan franchise dari International Franchise Business Management (IFBM) Burang Riyadi.

“Saya kira apa yang dilakukan pemerintah bagus sejauh mereka menerapkan peraturan yang sudah di berlakukan sebelumnya. Jadi jangan sampai peraturan tersebut diterbitkan tapi tidak terlaksana dengan baik. Terlepas peraturan itu bermanfaat atau tidak,” jelasnya.

Bagi Burang, setelah peraturan tersebut di enforce, pemerintah juga punya kewajiban evaluasai terkait apakah para pelaku usaha mendapatkan manafaat yang dicantumkan di dalam peraturan. Kemudian kedua apakah peraturan tersebut efketif untuk mencapai tujuan pemerintah.

“Ketiga, pemerintah perlu mengevaluasi juga apakah peraturan ini dapat memberikan kemajuan pada waralaba Indonesia. Sehingga intinya wajib di enforce juga wajib di evaluasi. Apabila ternyata hasil evaluasi kurang efektif sehingga harus dilakukan perubahan peraturan,” tandasnya.

Karena fakta yang terjadi, praktiknya di Indonesia memang belum professional dan sesuai dengan standar global. Sebab, fasilitas edukasi masih minim sehingga pelaku usaha tidak mengerti bagaimana yang semestinya.

Kedua insentif- insentif agar para pelaku usaha berkembang atau upgrade knowledge mengingat informasi terkait perolehan (hak) yang harusnya didapatkan setelah mendaftarakan STPW masih minim. “Sebenarnya para pelaku bisnis sangat sadar akan adanya peraturan. Sehingga mereka tidak sembarang bilang franchise, mereka tahu rules-nya. Adapun sebenarnya sekarang ini pemerintah meng-enforce siapa?. Jika nyatanya diperuntukan untuk para bisnis yang tidak melakukan perjanjian franchise ya gak bisa dipaksa!,” lanjutnya.

Senada dengan Burang, Pengamat Waralaba Senior dari IFBM lainnya, Royandi Junus mengungkapkan “Sudah sepatutnya Kemendag tidak dapat menyatakan bahwa bisnis yg dijalankan secara "waralaba" tapi mengaku bukan waralaba (misal mengaku Lisensi) dapat divonis franchising. Hal ini karena blm ada ketentuan atau peraturan tertulis yang sah yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai acuan penyelidikan,” jelasnya.

Adapun lanjut Burang, Franchising ini sudah terbukti sebagai sistem kemitraan yang efektif di dunia. Sehingga sangat dianjurkan para pelaku usaha ini perlu mempelajari franchise yang standar secara global dan mendalam sehingga mampu diterapkan dan meminimalisir risiko kegagalan berwirausaha. 


Bagikan ke teman:   Facebook! Twitter! GooglePlus! LinkedIn

Tags: franchise, stpw, pemerintah, pendaftaran waralaba, kementrian dalam negeri,

Isi Komentar

Setiap komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim. Redaksi berhak menutup akses atau mengubah kata-kata yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan).
Artikel Lainnya
Pilih Bisnismu...
Kane Fried Chicken
Procil
Warung Tekko
Kedai Kapal Api
Alfamart
Sabana Fried Chicken
Rumah Sunatan Dr. Mahdian

FRANCHISE MEMBER

OPPORTUNITIES INDEX
Elty Clinic
Gracious Preschool
Pempek Farina
Coffee Toffee
FRANCHISE 2018
Kopi Oey
REFIT GYM
Carvil
Nav Karaoke
Waralaba Kedai 27
Ayam Gepuk Pak Gembus
Daily Fresh Water

Mantap! Sangrai Pelopor Puyuh Buka Cabang Ke-14 Di Surabaya

Bisnis waralaba kuliner saat ini memang tak henti-hentinya menyita perhatian konsumen. Berbagai macam kuliner ditawarkan oleh para pebisnis. Tak ...

Ini Yang Bikin Hot Quick Chicken

Ayam merupakan makanan yang tak pernah bosan untuk dinikmati, terlebih jika dibaluri tepung dan digoreng kering. Belum lagi jika dibumbui pedas, ...

Carvil; Cocok Untuk Investor Pasif

Waralaba Carvil menyusul beberapa merek nasional yang sudah terlebih dahulu mengembangkan bisnisnya dengan konsep kemitraan. Merek yang eksis sejak ...

Moco Moco, Untung Legit dari Dessert Unik

Dunia kuliner memang penuh dengan peluang, selama kreativitas dan inovasi dikedepankan, akan selalu ada produk baru yang muncul. Salah ...

Iklan Franchise
Iklan Franchise

Popular of The Week


Waralaba Indonesia

Franchise Indonesia sangat berkembang, untuk itu FranchiseGlobal.com hadir sebagai portal berita pusat informasi tentang Franchise Indonesia terlengkap. Dengan memberikan informasi mengenai berita terkini tentang Franchise Indonesia, Business Clinics, Articles, dan kisah sukses para entrepreneur dalam membangun bisnisnya.

Selain itu Anda bisa melihat berbagai macam peluang franchise dari berbagai macam kategori franchise atau waralaba yang bisa Anda temukan, seperti: franchise makanan, franchise pendidikan, franchise minimarket, franchise otomotif, franchise apotek, franchise karaoke, franchise bengkel dan spare part, franchise resto, franchise international dan masih banyak yang lainnya.

Bisnis Waralaba

FranchiseGlobal.com adalah pusat informasi bisnis waralaba terpercaya, dimana Anda bisa dapatkan referensi berbagai peluang bisnis. Dengan membuka FranchiseGlobal.com Anda akan mendapatkan berbagai macam bisnis yang menjanjikan baik waralaba Indonesia maupun franchise internasional.

FranchiseGlobal.com juga memberikan berbagai pilihan bisnis dengan berbagai pilihan investasi yang menarik mulai dari puluhan juta hingga milyaran rupiah. Pastikan Anda selalu update informasi terkini berbagai bisnis waralaba. Dapatkan informasi bisnis franchise dengan mudah dan kapan saja, hanya satu klik, ketemuan langsung bisa berbisnis. Untuk mendapatkan informasi bisnis terlengkap dan terpercaya jangan lupa kunjungi FranchiseGlobal.com.

Peluang Usaha

Peluang Usaha terlengkap bisa Anda dapatkan di FranchiseGlobal.com. Sebagai pusat informasi bisnis waralaba dan peluang usaha terkini FranchiseGlobal.com memberikan layanan informasi gratis mengenai peluang usaha apa yang sedang populer, peluang usaha murah, ataupun bertanya mengenai bagaimana mendapatkan peluang usaha yang sesuai dengan passion Anda.

Selain itu jika Anda sebagai pemilik peluang usaha, Anda bisa berkonsultasi mengenai bagaimana mengembangkan usaha dan mengatasi persoalan yang ada. Hal ini dilakukan sebagai langkah supaya FranchiseGlobal.com bisa menjadi sahabat setia yang selalu ada pada saat peluang bisnis Anda sedang berkembang hingga sudah berjaya.



FranchiseGlobal.com

64 Brands

2955 Users

OUR PARTNER

DISCLAIMER
FranchiseGlobal.com tidak bertanggungjawab atas segala bentuk transaksi yang terjalin antara pembaca, pengiklan, dan perusahaan yang tertuang dalam website ini. Kami sarankan untuk bertanya atau konsultasi kepada para ahli sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Tidak semua bisnis yang ditampilkan dalam FranchiseGlobal.com menerapkan konsep franchise semata, melainkan menggunakan konsep franchise, lisensi, dan kemitraan.
Member of:

X
JANGAN LEWATKAN
Kantor Sabana OK OCE Sudah Rampung, Calon Mitra Silakan Kesini! Oto Bento Masih Jadi Bisnis Bento Menggiurkan Di 2018