Makanan bento mulanya berasal dari negeri sakura. Baik nasi maupun lauknya ada dalam satu box yang sudah sangat beraneka tampilannya. Kini, Bento hadir menggunakan kotak plastik, atau berbahan dus yang sederhana namun aman untuk menyimpan makanan.

Selain karena rasa sajiannya yang mudah diterima oleh penduduk Indonesia, harga bento juga sangat variatif dan terbilang relatif untuk menu lauk yang cukup kumplit. Mulai dari tempura, sayur dan sambal.

Karenanya tak ada salahnya jika saat ini Anda ingin mencoba menikmati bisnis kuliner khas Jepang yang memiliki segmen market luas. Namun, ada baiknya Anda perlu mempelajari bisnis bento ini dengan beberapa hal.

Pertama adalah konsep bisnis. Ada baiknya Anda perlu merancang konsep bisnis baik agar jelas siapa yang akan menjadi target market bisnis Anda. Konsep menu makananan yang akan ditawarakan. Kemudian konsep outlet agar nyaman disambangi pengunjung.

Kedua adalah effort marketing. Zaman kini media social adalah media yang cukup efektif dalam memasarkan sebuah produk. Apalagi jika Anda orang yang aktif menggunakan media sosail. Maka Anda bisa memanfaatkannya untuk promosi bisnis bento Anda.

Ketiga adalah konsisten. Terkadang kenaikan bahan baku membuat para pebisnis kerap mengubah standarisasi olahan produk. Alhasil yang terjadi terkadang prosi menu jadi berubah atau bahakan kualitas rasanya berkurang. Oleh akrenanya cari alternatif lain.

Alternatif ini dapat Anda temukan dengan pembelian bahan baku dari saluran lain yang harganya lebih murah. Terutama untuk beberapa bahan baku yang terbilang umum banyak di pasaran. Tentunya dnegan begitu biaya produksi akan lebih murah.

Keempat adalah inovasi. Perkembangan bisnis kuliner akan selalu meningkat dan bertambah jumlahnya. Sehingga Anda perlu lebih kreatif untuk menciptakan sajian- sajian inovatif  yang belum dimiliki banyak kompetitor.