Es krim hingga saat ini bisa dibilang menjadi pilihan sebagai hidangan penutup / dessert yang paling digemari. Bagaimana tidak, dengan banyaknya varian rasa, tekstur yang lembut, aroma yang menggugah selera, dan memiliki nilai gizi tinggi membuat es krim menjadi salah satu opsi yang paling pas sebagai hidangan penutup. Hal-hal tersebutlah yang membuat penggemar es krim di tanah air semakin meningkat.

Selain itu, mengkonsumsi es krim juga tidak akan membuat berat badan kita bertambah, mungkin hal inilah yang membuat pecinta es krim banyak dari kaum hawa. Berbahan dasar susu, es krim juga sangat baik untuk kesehatan tulang karena kandungan kalsium di dalamnya. Bahkan, satu sendok es krim memiliki banyak kandungan vitamin A, D, K dan B12 yang sangat baik bagi tubuh, dan masih banyak lagi manfaat dari mengkonsumsi es krim.

Walau banyak manfaat yang terkandung dalam satu gigitan es krim, konsumsi es krim di Indonesia masih sangatlah rendah. National Sales & Marketing Manager Campina Ice Cream, Adji Andjono mengatakan bahwa dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya, konsumsi es krim di Indonesia masih sangatlah rendah jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya.

“Kita konsumsi per kapita es krim itu masih rendah, masih 0,6 liter per kapita per tahun. Mungkin kalau dibandingkan Singapura jauh ya, mereka sekitar 5 liter, bahkan Thailand sudah mencapai 2 liter,” Adji menuturkan tingkat konsumsi es krim di tanah air.

Tawaran Manis Campina Scoop Counter

Campina selalu bisa menghadirkan produk istimewa, hal ini juga yang membuat Campina mampu bertahan selama lebih dari 40 tahun. Selain melakukan inovasi produk, Campina juga  melakukan perkembangan cara penjualan. Mulai dari menggunakan sepeda, menggunakan mobil, berjualan di toko-toko/supermarket, hingga kini produk Campina bisa didapatkan dengan pembelian online.

Inovasi-inovasi produk memang konsisten Campina lakukan, tidak heran jika 5-6 produk baru tiap tahunnya mampu Campina luncurkan. Hal ini bertujuan agar menciptakan excitement pada para pelanggan. Hingga saat ini Campina memiliki sekitar 70-80 varian produk es krim dangan bentuk dan rasa berbeda. Yang terdiri atas es krim anak, dewasa, dan lainnya sesuai target pasar Campina.

Sebagai produsen es krim asli Indonesia yang sudah dikenal masyarakat luas, Campina ingin membagi pengalaman mereka dengan membuka program kemitraan Campina Scoop Counter (CSC). Bagi anda yang ingin bergelut pada bisnis es krim dengan modal kecil, Campina Scoop Counter sangat cocok untuk anda jalankan.

“Tahun 2006 kita mulai memanfaatkan peluang ini, tidak hanya menjual es krim dalam bulk 5 literan, tapi kita juga membuat bisnis yang disebut Campina Scoop Counter. Dimana orang juga bisa memiliki semacam business opportunity dari Campina, bukan hanya mengkonsumsi es krim bulk 5 literan saja, tapi juga dia (calon mitra) kita berikan arahan produk itu bisa dijadikan jenis produk yang lain. Inilah akhirnya kita secara spesifik memasuki pasar es krim yang bukan hanya sudah di packing di pabrik, tapi es krim yang bisa dikembangkan untuk menu-menu lebih lanjut,”jelas Adji.

Salah satu keunggulan dari Campina Scoop Counter adalah, para mitra mendapatkan kualitas es krim yang sudah teruji dari Campina. Apalagi lidah masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan cita rasa yang ditawarkan Campina selama 44 tahun. Untuk menjadi salah satu mitra, Campina saat ini akan melakukan seleksi ketat bagi calon mitranya. Karena jika tidak, itu akan mempengaruhi brand Campina sendiri sebagai induk dari Campina Scoop Counter.

“Tidak semua orang yang mengambil business opportunity punya kesungguhan dan dedikasi dalam berusaha, sehingga dalam perjalanannya ada cabang yang berkembang dan tidak. Jadi untuk sekarang ini, kita betul-betul akan melakukan seleksi ketat bagi calon mitra. Walau sekarang kita punya 402 mitra, tapi orang yang menjadi mitra bisnis kita itu betul-betul mereka yang punya passion di bisnis ini. Kalau tidak akhirnya brand Campina akan ikut terpengaruh,” paparnya Adji lebih jauh.

Setiap Campina Scoop Counter mempunyai harga yang bervariasi, hal itu tergantung dari kreatifitas yang dilakukan oleh mitra, lokasi juga menentukan harga dari satu cup, cone ataupun wadah yang lain. Perbedaan harga ini bisa terjadi karena satu counter bisa memiliki variasi produk yang berbeda topingnya, namun secara garis besar harga es krim menggunakan cone sekitar Rp 10 ribu, tapi jika sudah ditaburi toping-toping tertentu harga bisa mencapai Rp 15 ribu.

Variasi-variasi produk seperti Campina Mini Cone, Campina Single Waffle, Campina Waffle Jumbo, Campina Waffle Basket, Campina Milk Shake, hingga Campina Float dapat disajikan di tiap Counter. Dengan 12 jenis yang disediakan oleh Campina, mitra dapat melakukan bermacam-macam variasi menu. Bahkan mitra juga diberikan kebebasan untuk  membuat variasi menu baru diluar dari yang pusat sarankan.

“Jenis-jenis es krim seperti vanilla, strowberri, coklat, ketan dan yang lainnya mereka (mitra) beli dari kita, paling tidak ada 12 jenis tiap tahun, ada yang baru dan ada juga yang dihapus. Cuma kalau menu, itu bisa di variasikan, di luar dari yang kita sarankan. Kalau mitra mau melakukan variasi menu it’s ok, sepanjang dia mengajukan kepada kita. Dalam artian, bahan-bahan pendukung yang dia gunakan layak dari kesehatan dan halal. Nah Campina Scoop Counter kelebihannya di situ, karena menu tidak mengikat mitra dapat melakukan variasi. Terlebih es krim bukanlah makanan pokok, yang mana jika tidak melakukan inovasi, pelanggan akan cepat merasa bosan.”

Dengan bermodalkan Rp 10 juta, anda sudah bisa mendapatkan satu booth Campina Scoop Counter dan memulai bisnis dengan menggunakan merek terkenal, yaitu Campina. Selain itu, Campina Scoop Counter memberikan keuntungan yang nyata hingga 100% bagi mitranya, apalagi iklim tropis yang menyelimuti Indonesia membuat bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang patut dilirik. Para mitra Campina Scoop Counter nantinya juga akan mendapatkan dukungan dan bimbingan manajemen dari PT Campina Ice Cream Industry. Dari modal 10 juta tersebut, sebenarnya dana mitra hanya akan digunakan Rp 4 juta, dan sisanya berbentuk deposit atau dapat ditarik kembali jika mitra tidak melanjutkan kerjasama dengan Campina. Rinciannya adalah Rp 2 juta sebagai jaminan produk (deposit/refundable), Rp 4 juta sebagai freezer (Deposit/refundable), dan Rp 4 juta sebagai pembelian equipment.

Dengan harga yang terjangkau, tidak heran beberapa mitra Campina memiliki lebih dari satu counter. Adji menjelaskan setidaknya ada 20 persen mitra Campina yang memiliki lebih dari satu Campina Scoop Counter. Untuk pemilihan lokasi Campina Scoop Counter, Adji menyarankan agar calon mitra mencari lokasi yang banyak dilewati oleh anak muda atau anak-anak. Selain itu, tempat nongkrong atau tempat hang out seperti taman atau sekolah juga sangat cocok untuk membuka Campina Scoop Counter. Terlebih pemilihan lokasi ini sangat mempengaruhi lama cepatnya proses ROI (Return Of Investment), kuncinya adalah calon mitra harus mencari lokasi yang traffic dilalui oleh orang sangat besar. Jika pemilihan lokasi tepat, dari 402 Campina Scoop Counter rata-rata jangka waktu ROI mereka adalah selama 6 bulan paling cepat. 

Business Opportunity Campina Scoop Counter

Opening Fee : Rp 10.000.000

Rincian Investasi :

-          Rp 2.000.000 sebagai jaminan produk (Deposit/refundable)

-          Rp 4.000.000 sebagai freezer (Deposit/refundable)

-          Rp 4.000.000 sebagai pembelian equipment

Tahapan Menjadi Mitra :

-          Mengikuti presentasi bisnis Campina Scoop Counter

-          Mengisi form pengajuan kemitraan

-          Membayar commitment Fee 10 %

-          Penjelasan operasional, time schedule, MOU

-          Pengajuan lokasi counter dari mitra

-          Survey lokasi oleh Tim Campina

-          Membayar sisa Opening Fee

-          Setting counter, training SPG/SPB, persiapan opening

-          GRAND OPENING

Syarat Menjadi Mitra

-          Menyukai bisnis/usaha di bidang es krim

-          Memahami keuntungan dan resiko bergabung menjadi mitra Campina Scoop Counter

-          Berkomitmen untuk memenuhi standarisasi bisnis Campina Scoop Counter

-          Memiliki investasi dana yang cukup

-          Memiliki tempat usaha (lokasi) yang strategis

-          Mengisi form pengajuan kepengelolaan mitra Campina Scoop Counter

-          Memiliki tenaga penjual

-          Melampirkan fotocopy KTP dan Kartu Keluarga/NPWP