Calais Artisan Bubble Tea & Coffee berawal dari kecintaan sang pendirinya, Billy Kurniawan dan Yen Firdensyh Liu, kepada kopi & teh. Billy memiliki passion di bidang coffe sedangkan Yeni expert di bahan baku dan proses pembuatan bubble tea. Kemudian di tahun 2011 silam, mereka mulai melakukan riset dan mendalami proses pembuatan Bubble tea ini, hingga munculnya brand lokal asal Indonesia, Calais Artisan Bubble tea & Coffee. Secara resmi, Calais Artisan Bubble tea & Coffee melaunching outlet pertamanya di kawasan Kuningan City Jakarta.

Calais Artisan Bubble Tea and Coffe bisa dikatakan unik dan berbeda dengan merek-merek buble tea yang marak beredar belakangan ini di sekitar kita. Menurut Billy Kurniawan, owner Calais Artisan Bubble Tea & Coffee, orientasi brand image Calais sendiri lebih ke Eropa, tepatnya Perancis. Selain itu, dengan mengusung kesan modern vintage, brand Calais ini hadir sebagai perusahaan Bubble Tea yang dapat masuk ke gaya hidup (lifestyle) masyarakat zaman sekarang.

 “Konsep dari Brand Calais sendiri adalah vintage modern, di mana hal ini terlihat mulai dari design masing-masing outlet Calais yang berbeda-beda. Hal ini didasari untuk memberikan kesan yang berbeda-beda ketika mereka datang ke outlet Calais. Selain itu, brand Calais ini sendiri ingin terus meng-eksplorasi tingkat kreativitas sehingga brand Calais sendiri menjadi dekat dan terhubung dengan apa yang sedang menjadi tren saat ini. Didukung juga dari design-design yang fresh, sangat modern, dan tidak kaku, menjadikan brand Calais ini sangat dekat dengan gaya hidup saat ini,” papar Billy.

Keunggulan yang disebutkan Billy nyatanya memang membawa dampak positif terhadap perkembangan Calais Artisan Bubble Tea and Coffe. Saat ini Calais telah memiliki lebih dari 30 gerai. Keunggulan merek yang satu ini banyak. Sebut saja dari segi produk, Calais Artisan Bubble Tea & Coffe sangat otentik dengan menggunakan 90% bahan baku impor dari Taiwan, inovatif, serta banyak variasinya. Sehingga, punya cita rasa lokal namun memiliki kualitas yang sama dengan kompetitor dari luar.

“Kami selalu berinovasi dengan menu kami, sehingga customers kami tidak jenuh dengan menu yang itu-itu saja. Setiap 3 bulan sekali kami mengeluarkan menu baru. Dan juga sesuai tagline kami “Bubble Tea & Coffee” kami juga memperhatikan dan mengembangkan menu coffee kami. Begitupun dengan program-program marketing,  kami buat semenarik mungkin. Misalnya kami kerjasama dengan social messenger  LINE, kami membuat promo Buy 1 Get 1, dari sini kami memberikan kesempatan kepada customers kami untuk dapat merasakan menu yang lainnya dengan menggunakan promo tersebut,” papar Billy.

Selain itu, produk pun sudah tersetifikasi halal oleh MUI. Dan catatannya,  Calais Artisan Bubble Tea & Coffe juga menggunakan gula fructose yang lebih sehat dibanding gula biasa dan aman dikonsumsi oleh semua umur. Kualitas minuman terjaga karena bahan baku teh baru akan diproses saat pelanggan yang memesan dioutlet.

Di luar produk, penampilan outlet dan packaging produk Calais Artisan Bubble Tea & Coffe dapat disandingkan dengan brand luar negeri. Alhasil, berbagai terobosan tersebut membuat Calais Artisan Bubble Tea and Coffe selangkah di depan para pesaingnya. Apalagi, konsep pada setiap outletnya pun didesain secara unik dan berbeda-beda.

Balik Modalnya Cepat

Empat tahun eksis, kini waralaba Calais Artisan Bubble Tea & Coffee telah mengembangkan bisnisnya dengan mendirikan total 30 outlet di beberapa wilayah di Indonesia seperti di Pulau Jawa, Sumatera, Papua di kota Manokwari dan banyak lagi yang lainnya.

Meski cukup penetratif, Calais Artisan Bubble Tea & Coffee tetap membuka peluang kerjasama. Konsep kerjasama yang ditawarkan oleh Calais sendiri adalah berupa bisnis waralaba. DI mana bagi para investor yang ingin membuka outlet Calais di lokasi-lokasi berpotensi, Calais sangatlah terbuka untuk membuka kerjasama dengan para calon terwaralaba yang ingin mengambil system franchise Calais. Dan untuk lama masa kerjasamanya adalah 5 tahun.

“Investasi awal dapat mencapai Rp 600hingga Rp 700 juta. Nilai tersebut diperuntukan Single Unit License Fee Rp 175 juta, Material Cost dan Equipment Rp 325 juta, Sewa Tempat 35m2-40 m2 Rp 200 juta (belum termasuk employee). Sedangkan Royalty Fee Perbulannya 5% (omset dikurang PB1, hasilnya dikali 5%),” papar Billy.

Dengan nilai tersebut, lanjut Billy, franchisee akan mendapatkan benefit yang lain seperti creative outlet design, selalu berinovasi dengan menu-menu baru, kualitas training dan kualitas control kami atas product maupun service. Dari segi Marketing, pusat selalu siap untuk memberikan support kepada Mitra, dan membantu blast di social media (FB, Twitter, Instagram), LINE dan website. Serta siap jika mitra membutuhkan support untuk re-train team di outlet.

“Meskipun setelah outlet beroperasi kami akan tetap mengontrol dan memberikan support dari segi management maupun segi marketing. Kemudian lama estimasi mitra bisa balik modal bisa dicapai mitra dalam waktu kurang dari 1 tahun. Jika strategy lokasi outlet strategis. Jika tidak, dapat mencapai hingga 1,5 tahun. Catatannya, sangat diusahakan lokasi outlet strategis dan traffic customers cukup tinggi,” jelas Billy.

Syarat untuk menjadi mitra juga mudah. Calon mitra dapat langsung email ke franchise@calaistea.com. Lalu mengisi formulir franchise application dan menyertakan NPWP & KTP. Kemudian memberikan 2 sampai 3 opsi untuk lokasi setelah itu team dari pusat akan mensurvey lokasi untuk menyetujui lokasi mana yang cocok. Proses dari survey lokasi sampai outlet selesai konstruksi membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan. Selanjutnya, kewajiban mitra selama masa kerjasama adalah membayar Royalty Fee setiap bulannya. Dan hak yang didapat adalah full support dari segi Marketing.

“Calais Artisan Bubble Tea & Coffe sedang meneropong second city yang sedang berkembang, daya beli masyarakat di wilayah tersebut sudah meningkat. Outlet kami sudah ada yang berlokasi di daerah Padang dan memasuki daerah Papua. Mungkin brand besar enggan masuk ke second city tetapi outlet kami bisa sangat diterima oleh masyarakat setempat. Target lebih lanjutnya adalah masuk ke ranah international. Kami yakin meskipun kami local brand tetapi kami memiliki kualitas internastional dan mampu bersaing dengan brand international,” pungkas Billy.(ADV)

Klik lebih lanjut tentang Calais Artisan Bubble Tea & Coffe atau isi form di bawah ini untuk menghubungi Franchisor.