FRANCHISEGLOBAL.COM, JAKARTA - PT Sari Kreasi Boga Tbk (SKB Food) membuka gerai Babarafi Cafe yang kelima di Indonesia sekaligus merilis varian makanan baru yakni Nasi Goreng Kebab ala Chef Muto.

Pembukaan gerai dan penambahan makanan baru itu merupakan upaya perusahaan untuk membesarkan brand Baba Rafi sebelum mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham RAFI pada 5 Agustus 2022.

"Babarafi Cafe merupakan salah satu produk premium dari brand Baba Rafi di bawah naungan SKB Food untuk terus menumbuhkan nilai tambah kepada para pemangku kepentingan dan pemegang saham sekaligus menciptakan pengalaman baru di bidang kuliner,” kata Direktur Utama SKB Food, Eko Pujianto, dalam keterangannya, Rabu (3/8/2022).

Dia menambahkan, semakin bertambahnya produk premium diharapkan dapat meningkatkan kontribusi bisnis waralaba secara berkesinambungan dan jangka panjang.

Saat ini, kata dia lagi, kontribusi waralaba Baba Rafi terhadap total pendapatan SKB Food sebesar sekitar 10 persen dengan dominasi kontribusi pendapatan bersumber dari penjualan bahan baku (rantai pasok) makanan dan minuman.

"Meskipun kontribusinya terhadap total pendapatan SKB Food tidak dominan namun waralaba Baba Rafi dengan segala keunikan dan terutama peran signifikannya terhadap UMKM kuliner di Indonesia memiliki prospek yang positif dan kami yakin akan terus bertumbuh secara jangka panjang,” ujarnya.

Selain Babarafi Cafe, inovasi SKB Food terhadap waralaba Baba Rafi juga dilakukan melalui penjualan produk menggunakan truk makanan (Foodtruck) dengan merek Rafi Express sejak 2021.

Saat ini, Rafi Express dengan menu andalan salah satunya Rice Bowl memiliki gerai sebanyak 78 unit.

Inovasi lainnya berkaitan dengan produk di bawah naungan SKB Food adalah Kebab Kitchen (49 gerai), Smokey Kebab (10 gerai), Sueger (19 gerai), Container Kebab by Babarafi (34 gerai), Jellyta (7 gerai), dan Kebab Turki Babarafi sebanyak 766 gerai.