JAKARTA, FRANCHISEGLOBAL.COM - Pandemi Covid-19 yang terjadi hampir dua tahun belakangan ini telah membuat ruang gerak ekonomi menjadi terbatas.

Akibatnya, tidak sedikit pelaku bisnis, khususnya pelaku bisnis waralaba harus beradaptasi dan menerapkan cara baru untuk mempertahankan bisnisnya dari hantaman pandemi.

Cara atau metode yang ampuh untuk melakukan akselerasi bisnis serta membuat bisnis bertahan dari pandemi adalah dengan menerapkan strategi digital marketing.

Nah, berikut ini adalah tips menjalankan digital marketing untuk mengakselerasi bisnis seperti dikutip berbagai media, Senin (27/12/2021).

1. Kolaborasi dengan Komunitas
Sekarang ini adalah zamannya kolaborasi, dengan adanya kolaborasi yang diadakan dengan komunitas tertentu di media sosial dapat meningkatkan akselerasi bisnis.

Komunitas yang dipilih juga harus dapat di sesuaikan dengan lini bisnis yang dimiliki. Bentuknya juga beragam seperti posting dan tags di media sosial untuk meningkatkan engagement.

 

2. Konten Inspiratif
Konten yang inspiratif dan menyenangkan dapat menjadi tips pilihan untuk pelaku bisnis UMKM yang ingin menyasar kalangan anak muda.

Maklum, berdasarkan riset yang dilakukan, sebanyak 57 persen generasi Z menyukai konten yang kreatif.

Konten tersebut dapat dibuat dengan menarik dan juga interaktif, jadi tidak hanya disukai tetapi juga dapat menarik pelanggan.

 

3. Buat Konten Iklan
Selain membuat konten yang inspiratif, buat juga konten pemasaran atau iklan secara organik melalui media sosial.

Konten iklan ini nantinya akan membantu sebuah produk yang dipromosikan masuk ke halaman utama pengguna yang sesuai. Hal ini dapat dilakukan di beberapa platform media sosial seperti Instagram, Youtube hingga TikTok.

 

4. Perhatikan Customer Journey
Cara meningkatkan penjualan melalui platform media sosial, juga dapat dilakukan dengan cara menentukan perputaran Customer Journey.

Adapun Customer Juorney ini adalah hal-hal yang meliputi awareness, consideration, transaction dan retention & advocacy.

Langkah ini berfungsi agar kita mengetahui perputaran dan perjalanan pelanggan yang telah membeli produk yang ditawarkan.