Kebutuhan akan kendaraan baik roda 2 maupun 4 kian bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah populasi. Semakin banyak quantity kendaraannya berdampak pula pada pertumbuhan ritel otomotif.

Karenanya bagi Anda yang ingin mendulang keuntungan dengan mendirikan bisnis ritel perawatan maupun bengkel kendaraan nampaknya perlu memahami seberapa banyaka effort untuk membuat ritel Anda survive dan berkembang dengan beberapa tips berikut.

Pertama adalah amati jumlah pengendara. Ada baiknya pelajari situasi kondisi lalu lalang pengendara sepeda motor maupun mobil. Seberapa sering atau banyak mereka melalui lokasi yang ingin Anda jadikan sebuah bisnis ritel otomotif.

Kedua Anda harus memastikan seberapa banyak produk atau peralatan yang paling sering dicari oleh para pemilik kendaraan. Misalkan adalah, oli, aki, asesoris kendaraan. Anda bisa mencari juga distributor tetap untuk mensupport kelengkapan ritel otomotif Anda.

Ketiga yakni teknisi dan manajemen. Buatkan Key Performance Indicator (KPI) yang sesuai untuk teknisi bisnis Anda. Pastikan teknisi mampu bekerja sesuai yang diharapkan dan membuat customer puas dengan service yang diberikan.

Jika kepuasan pelanggan terjaga, tentunya bisnis riterl Anda akan berjalan dengan baik. Kendati demikian, untuk menjaga eksistensi bisnis Anda. Ada baiknya untuk perkuat ranah digital sebagai sarana promosi dan edukasi produk yang Anda jual.

“Demi mempertahankan eksistensi brand Shop&Drive di era disruptif ekonomi, kami terus mengembangkan sayap melalui digital platform. Selain memiliki sosial media yang dapat membangun engagement dengan customer,” terang Indra Nugraha, Retail Division Head PT Astra Otoparts, Tbk.