Hal paling penting ketika hendak memulai bisnis di dunia jasa, terutama terkait pengiriman logistik, adalah luasnya jaringan. Salah satu perusahaan yang terbukti pengalaman dan keluasan jaringannya adalah PT Pos Indonesia. Dengan jaringan yang terstruktur rapih di seluruh Indonesia dan terkoneksi ke 130 negara, kualitas PT Pos Indonesia tidak perlu dipertanyakan lagi.

Lalu pertanyaannya, sebagai BUMN, apakah mungkin bagi seorang wirausahawan dengan minat di bidang jasa dapat memanfaatkan kekuatan jaringan PT Pos Indonesia? Agenpos Indonesia adalah jawabannya. Dengan menyasar kalangan yang memiliki jiwa wirausaha di bidang jasa pengiriman logistik, PT Pos Indonesia menjadikan Agenpos Indonesia sebagai wadah yang berpotensi memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Menurut Tjahjaning Seno, Manager Pengembangan Agenpos Indonesia, selain bertujuan untuk meningkatkan pendapatan PT Pos Indonesia sendiri, keberadaan Agenpos juga ditujukan untuk turut memberdayakan masyarakat. Contohnya adalah dengan menguatkan arus perputaran keuangan dan barang di daerah terluar Indonesia. Selain tentunya keuntungan finansial, calon mitra Agenpos Indonesia di daerah terluar pun punya peran membantu masyarakat sekitar dengan memudahkan arus informasi, keuangan, dan barang. “Ini sejalan dengan visi dan misi dari PT Pos untuk memberdayakan masyarakat menengah kebawah,” ungkap Seno.

Plus, pesatnya perkembangan bisnis e-commerce yang melayani jual-beli tanpa perlu bertatap muka menjadikan jasa pengiriman barang semakin dibutuhkan, ditambah dengan kemampuan Agenpos untuk berfungsi sebagai PPO (Payment Point Online), lagi-lagi ini adalah peluang yang bisa dimanfaatkan calon mitra Agenpos Indonesia. Belum lagi dengan sasaran pasarnya menyasar semua lapisan masyarakat dan sudah terintegerasi dengan kantor pos yang berjumlah ribuan outlet, sebuah nilai plus bagi mitra untuk bisa berwirausaha.

“Target pasar kita all segment, jangkauan pelayanan kita untuk semua kalangan masyarakat, karena Agenpos ini bisa beroperasi hanya dari rumah sekalipun. Lalu jam operasionalnya tidak terbatas, bisa buka sampai 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.” Papar Sandra Partiwi, bagian Fungsional Agenpos Indonesia.

Peluang usaha Agenpos Indonesia membutuhkan Investasi dalam kisaran tipe UMKM, diperlukan modal senilai Rp 12,4 Juta untuk bisa menjalankan unit usaha dari BUMN ini. Biaya tersebut nantinya akan digantikan dengan seperangkat peratalan operasional dan deposit untuk layanan keuangan. Jika mitra sudah memiliki sebagian perangkatnya, modal investasi tersebut bisa berkurang dari harga awal.

Tertarik menjadi mitra Agenpos Indonesia? Untuk info lebih lengkap silakan isi form dibawah ini

(Eza)