Kesempatan membuka bisnis food and beverage di 2018 memang sangat terbuka lebar bagi Anda yang ingin mencari peruntungan di dalamnya. Mengingat kebutuhan akan makanan dan minuman memang hal pokok yang harus terpenuhi.

Namun, ada baiknya Anda perlu memperhatikan beberpa hal berikut sebagai tips maupun saran agar Anda siap memulai dan mengembangkan bisnis cafe dari sang founder bisnis ramen cafe NoMiNoMi Delight, Rifqi Mohammad AS.

Pertama adalah suka dengan bidang yang ditekuni. “Pada umumnya tips ini memang ini berlaku untuk semua penggiat bisnis. Tapi memng benar kalau memulai bisnis itu jangan hanya meilihat sisi mudahnya aja. Kalu Anda suka dan serius, Anda pasti memikirkan sisi risikonya dan Anda akan cari problem solvingnya supaya target awal berjalan dnegan baik,” katanya.

Kedua adalah belajar ke guru. Pasalnya sitilah selalu ada jalan untuk mereka yang berusaha adalah sebuah kebenaran yang harus di lakukan. Maka Rifqi mengungkapkan menjadi sebuah keharusan bagi sanga pengusaha untuk ikut serta dalam sebuah komunitas yang mampu membangkitkan bisnis Anda.

“Komunitas- komunitas kan banyak misalkan ada Apkulindo. Ikuti saja kegiatannya. Akan selalu ada informasi dan insight menarik yang sangat bermanfaat dan bisa Anda implementasikan untuk kemajuan bisnis cafe Anda,” tuturnya.

Jika dispesifikasikan, bagi Rifqi hal yang mendasar dalam menyiapkan pembukaan binsis cafe adalah penguasaan tentang bahan baku. Tentunya Anda perlu menentukan mana bahan baku yang bagus dan murah supaya dapat menekan HPP dari produk yang akan dijual. sehingga harga jual tetep kompetitif.

Ketiga, leadership. Ketika menjadi seorang pengusaha, leadership merupakan kompnen penting sebagai penggerak lajunya arah bisnis cafe yang dibuat. Namun leadership harus ditempa berdasarkan pengalaman, bukan sekadar teori.

“Saya bangun NoMiNoMi Delight karena sudah bangun bisni kuliner lain sebelumnya. Jadi udah banyak pengalaman berharga yang bisa kita duplikasi di bisnis cafe ini untuk lebih baik. sebab saya sudah tahu problemnya dan sudah tau dan handlingnya. Biasakan untuk berpikir detail dan sabar,” jelasnya.

Terakhir adalah digital asset. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pemanfaatan digital di zaman kini menjadi sebuah peluang menarik bagi para pengusaha yang mampu mengelolanya dengan baik. "Maintain dengan baik, promosikan usaha kita. Sehingga orang aware dengan bisnis kita,” tandasnya.