Membangun bisnis untuk memperluas pasarnya hingga menjadi franchise atau waralaba merupakan sebuah pilihan baik yang juga menguntungkan. Pasalnya Franchising ini sudah terbukti sebagai sistem kemitraan yang efektif di dunia.

Namun seiring dengan berjalannya bisnis tersebut, tentunya franchisor juga perlu memperhatikan beberapa hal penting untuk membuat peluang usahanya menarik dan memberikan dampak positif pada Anda.

Menurut konsultan franchise dari International Franchise Business Management (IFBM) Burang Riyadi, ada tiga hal penting yang perlu dilakukan para pelaku usaha dalam melakukan kemitraan:

Pertama, sebaiknya para pelaku usaha sudah master atau benar-benar paham akan bisnis yang digeluti sebelum melakukan usaha bahkan mulai memberikan peluang usaha bagi calon franchise buyer. Sehingga saat bisnis running, para pelaku usaha bisa membimbing para mitranya.

Kedua adalah Para pengusaha ini melakukan semua upaya untuk membuat mitranya sukses. “Jadi tidak hanya berorientasi kepada berapa rupiah yang didapatkan dari para mitranya. Seharusnya kalau mitranya sukses dia juga sukses,” jelasnya.

Ketiga adalah franchising kemitraan yang sukses itu adalah kemitraan yang mitranya sukses dan hubungannya tahan lama. “Karena fakta yang terjadi adalah, ketika mitra sudah nyaman, dengan sendirinya dia akan memberikan rekomendasi bisnis yang ia jalani kepada rekan- rekannya, dan ketika ada masukan yang membangun mitra tidak akan sungkan menyuarakan,” tandasnya.

Sehingga, sebelum bisnis franchise Anda go public, ada baiknya seorang pelaku usaha perlu mempertibangkan pelbagai hal penting yang menjadi komponen kesuksesan bisnis. Sebab menjual franchise itu bukan hanya memperjuangkan bisnis saja, tapi juga memperjuangkan reputasi dan moral pelaku bisnis.