“Calon investor nantinya mendapat promo free sebesar Rp45 juta. Tahun ke tahun pengunjung Alfamart di pameran selalu meningkat, sehingga targetnya minimal ada 150 usulan lokasi dan harapannya dengan usulan itu kita bisa mendapatkan 50 toko,” kata Manager Business Development PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, Andriansyah kepada FranchiseGlobal.com di pameran IFRA 2019 akhir pekan ini.

Ditengah persaingan ketat dan wilayah- wilayah yang sudah cukup banyak digunakan pemain lain, sehingga Alfamart berusaha realistis dalam mengembangkan bisnisnya. Pada prinsipnya pembukaan toko Alfamart tergantung pada survey lokasi, secara perjanjian waralaba ada proteksi jarak 100 meter. Akantetapi kunci utamanya bukan di proteksi tetapi melihat dari potensi.

“Update terbaru hingga kini total gerai Alfamart di seluruh wilayah mencapai 13.800, adapun total franchiseenya 3.500. Kita melihat kondisi bisnis ritel sudah mulai membaik, jadi cukup banyak peminatnya,” ujarnya.

Untuk nilai investasi Alfamart Rp500 juta, di luar tempat. Total nilai itu dipergunakan untuk peralatan, franchise fee dan perizinan. Khusus di pameran IFRA dari Rp500 juta dikurangi Rp45 juta.

Andriansyah menegaskan Alfamart terus menjaga mitra- mitra bisnisnya, sehingga Alfamart begitu selektif dalam penutupan gerai. Apabila segala upaya sudah dilakukan, Alfamart akan menyarankan kepada pemilik gerai agar ditutup atau direlokasi. Sebab Alfamart tidak ingin mitranya berlama- lama di dalam kerugian, lebih baik cepat diputuskan daripada terus merugi.

“Dengan kita bersikap fair seperti itu, banyak franchisee menghargai langkah Alfamart. Sehingga bukannya mereka kecewa, tetapi justru mengapresiasi dan hendak mengajukan lokasi lain,” tuturnya.

Alfamart terus meriview dan mengevaluasi seluruh gerai dengan melakukan perbaikan- perbaikan. Sehingga harapannya di tahun 2019 ini gerai- gerai Alfamart bisa ngegas kembali dan naik lagi pertumbuhannya. Hadirnya Alfamart di suatu wilayah diyakininya dapat meningkatkan nilai wilayah tersebut. [hfz]

Klik link berikut untuk informasi franchise Alfamart selengkapnya https://www.franchiseglobal.com/alfamart.html