Bisnis otomotif di Indonesia memang dirajai oleh pabrikan asal luar negeri seperti dari Jepang, Korea dan Jerman. Namun lain hal dengan bisnis turunan dari sektor otomotif ini, perawatan kendaraan masih dapat dipegang oleh merek-merek lokal. Salah satunya adalah waralaba Shop & Drive, yang dinaungi oleh PT Astra Otoparts.

Sejak didirikan pada tahun 1998 Shop&Dive fokus pada layanan fast moving parts, quick service, dan related service dengan mengusung konsep bisnis franchise. Berada dibawah naungan nama besar PT Astra Otoparts, waralaba Shop&Drive menjamin semua suku cadang yang dipasarkannya berkualitas dan asli.

Shop&Drive awal mulanya bernama “Super A”, sebuah bisnis retail modern otomotif pertama di Indonesia. Pada awal berdiri, fokus bisnis ini adalah pada produk suku cadang roda empat. Seiring dengan perkembangan bisnisnya, pada tahun 2000 “Super A” berubah nama menjadi “Shop&Drive” dengan konsep bisnis yang fokus pada fast moving parts, quick service, dan related service hingga saat ini.

Setelah itu dua tahun kemudian, bisnis yang yang membawa bendera Astra Grup ini, mulai membuka peluang bisnis dengan sistem kerjasama franchise. Dipilihnya konsep kerjasama secara waralaba karena dengan konsep ini diyakini akan sangat membantu pihak-pihak yang berminat untuk belajar memiliki dan mengelola bisnis sendiri tanpa memulai dari titik nol, sehingga peluang keberhasilan usahanya menjadi lebih besar.

Hasilnya secara grafik dari tahun ke tahun terlihat pertumbuhan yang cukup signifikan dari perkembangan jaringan gerai Shop&Drive. Terhitung pada tahun 2012, total 151 outlet telah beroperasi di beberapa daerah di Indonesia. Di tahun 2013, melonjak hampir dua kali lipat menjadi total 238 outlet. Setahun kemudian, jaringan outlet yang beroperasi terdongkrak di angka 321 outlet. Hingga pada pertangan tahun 2016 ini, total jaringan outlet waralaba Shop&Drive yang telah beroperasi menyentuh angka lebih dari 350 outlet di seluruh Indonesia.

Sesuai dengan visi dan dukungan dari manajemen PT. Astra Otoparts Tbk, yaitu untuk menjadi pilihan terpercaya bagi customer dalam hal penyediaan produk dan layanan yang bersifat fast moving. Perbaikan dan pengembangan menyeluruh terus menerus dilakukan, baik dari segi proses kerja, produk, maupun tingkat layanan yang diberikan oleh para frontliner yaitu mekanik di outlet. (adv)