Perjalanan suatu bisnis memang banyak faktor yang mempengaruhi. Tak melulu urusan produk semata atau bagaimana bisnis yang ditawarkan diterima masyarakat atau tidak, melainkan juga bagaimana faktor sumber daya manusia dan sistem dibalik bisnis tersebut bisa berjalan sesuai dengan harapan. Untuk itu peran konsultan bisnis atau business coach begitu dapat diandalkan oleh para pengusaha untuk membantu kiprah usaha mereka.

Salah satu perusahaan yang hadir untuk membantu para pengusaha untuk mencapai target mereka adalah ActionCoach Indonesia. Franchise Business Coaching asal Amerika Serikat ini masuk ke tanah air pada 2001 melalui sistem Master Franchise. Adalah Herman Susanto yang menjadi dalang lahirnya ActionCoach di bumi Nusantara.

Herman melihat pada saat itu dunia bisnis di Indonesia begitu pelik dengan jatuh bangun para pelaku usaha Indonesia dalam membangun bisnisnya. Bahkan tidak banyak dari pelaku usaha tersebut yang berguguran atau bangkrut alias tidak lagi bisa mengembangkan bisnisnya. Untuk itu, ia memiliki pandangan bila Indonesia lebih membutuhkan pihak yang concern dalam membantu dan mengedukasi para pebisnis.

“Itulah mengapa saya tidak membawa bisnis F&B dari luar ke dalam seperti para pengusaha lain pada umumnya, tapi memang bisnis education yang dibutuhkan Indonesia. Bukan hanya edukasi soal sales atau marketing saja, tapi bagaimana seorang pengusaha bisa membangun bisnisnya hingga sustainable,” kata Herman di kantornya, kepada PlasaFranchise.com.

Lebih lanjut, Herman mengungkapkan bila ada ada statistik pengusaha yang menjelaskan jika 80% startup bisnis akan gagal dalam lima tahun pertama. Kemudian 20% sisanya akan mengalami kegagalan di lima tahun berikutnya. Setelah 10 tahun, baru 4% sisa dari total 100% diawal yang akan terus bertahan dan menjadi bisnis yang sustainable.

“Dari sana tujuan ActionCoach ada untuk mengangkat para pengusaha yang 80% gagal dalam 5 tahun terakhir, untuk bisa naik kelas ke 20% yang bertahan. Karena kalo tidak mereka yang 80% ini akan terperosok ke lautan yang berdarah-darah,” ujar Herman sambil menganalogikan.

Tidak hanya sekadar memberikan konsultasi bisnis semata, master franchise ActionCoach Indonesia ini juga akan menduplikasi kesuksesan dari para pebisnis lain yang dapat keluar dari fase kegagalan dalam membangun bisnisnya. ActionCoach Indonesia sendiri menjadi sebuah portofolio bagaimana kiprahnya di tahun ke-15 ini tidak hanya masih eksis, namun bisa berkembang dan dikenal kuat oleh masyarakat.

“Meskipun mau dibilang franchise dari luar, tapi kami sudah eksis 15 tahun di Indonesia dan telah melewati fase kegagalan 80% ,20% dan kini kami sudah di posisi 4%. Dari sini masyarakat bisa menilai bila kami sudah sangat proven,” tutupnya. (adv)

 Klik ActionCOACH untuk informasi business coach, pelatihan, lisensi, investasi dan info lengkap lainnya.