franchise indonesia, waralaba makanan, peluang bisnis, franchise minuman, franchise minimarket, bisnis franchise 2017

Indonesia Digital Popular Brand (IDPBA) 2017 Anugerah Wirausaha Indonesia (AWI) 2017

FIND A FRANCHISE

Soroti Waralaba Logistik! Bije Widjajanto : “Selektif Dan Kritis Dalam Memilih Franchise”


Posted by:      14 Desember 2016 - 11:50 WIB    229 Viewers
Bisnis waralaba logistik dan kurir saat ini diprediksi masih terus bersinar seiring dengan modernitas masyarakat Indonesia yang menuntut layanan logistik untuk semakin menjadi besar kedepannya. Namun, para mitra tetap diminta selektif dan kirtis dalam memilih franchisenya.
Soroti Waralaba Logistik! Bije Widjajanto : “Selektif Dan Kritis Dalam Memilih Franchise”

Bije Widjajanto

Bisnis waralaba logistik dan kurir saat ini diprediksi masih terus bersinar seiring dengan modernitas masyarakat Indonesia yang menuntut layanan logistik untuk semakin menjadi besar kedepannya. Maka wajar saja jika bisnis ini akan semakin tumbuh kembang khususnya dalam beberapa tahun kedepan. Namun, para mitra tetap diminta selektif dan kirtis dalam memilih franchisenya. Inilah yang diprediksi oleh Bije Widjajanto selaku Senior consultant dan business coach Ben WarG Consulting.

Bije menuturkan, layanan logistik mulai dari tingkat hulu berupa pergudangan, di tingkat tengah berupa ekspedisi, sampai tingkat hilir berupa kurir dan pick-up point, suatu saat nanti akan mengelola gudang sendiri dalam kapasitas tertentu dan akan menjadi tidak efisien. “Sehingga ketika dilakukan resources sharing, satu gudang dikelola untuk beberapa unit bisnis, biaya manajemennya akan lebih efisien,” katanya kepada franchiseglobal.com.

Terkait nilai investasi yang terbilang murah dari bisnis logistik dan kurir ini, pria yang juga menjabat sebagai Ditektur Indonesia Center for Franchising Studies (ICeFS) ini mengatakan, murah dan mahal itu relatif artinya harus sesuai kebutuhan. “Kebutuhan 100 juta dibuat konsep dengan investasi 25 juta ya akan banyak kendala dalam pengoperasiannya nanti. Sebaliknya kebutuhannya 10 juta dibuat konsep bisnis dengan investasi 150 juta ya mungkin akan sulit bisa balik modal. Jadi itu semua tergantung konsep bisnisnya,” ujarnya.

Dengan relativitas skala investasi tersebut, katanya, mau 10 ,50 ataupun 500 juta, yang paling penting dalam franchise ialah franchisee dan franchisor bisa mendapat keuntungan dari operasional bisnis di setiap outletnya. “Ini yang saya lihat sering menjadi kendala dan membuat banyak bisnis franchise mati muda,” tutur komisioner Pendidikan Asosiasi Franchise Indonesia(AFI) ini.

Apa yang diistilahkan Bije dengan mati muda ialah didalam praktinya sering para franchisor tidak menghitung jangka panjang ketika mendisain konsep bisnis. Menurutnya, yang dipikirkan hanyalah ketika outlet prototipe yang mereka miliki ada menghasilkan keuntungan. “Itu bisa diduplikasi dalam jumlah sebanyak-banyaknya. Mereka tidak memperhitungkan biaya-biaya yang harus mereka tanggung ketika jumlah outletnya menjadi banyak dan wilayah operasionalnya semakin luas,” terangnya.

Dari sisi outlet, lanjut Bije, yang dipikirkan hanya memperkecil skala investasinya supaya lebih banyak calon franchisee yang mampu tanpa mempertimbangkan efektivitas sumber daya yang dibutuhkan saat operasional. Alhasil, lanjutnya, tidak jarang mereka memperkecil skala investasi hanya di atas kertas.

“Mereka tidak menghitung beberapa biaya investasi diasumsikan sudah dimiliki oleh calon, sehingga dengan demikian skala investasi menjadi lebih kecil. Atau dengan tidak memasukkan biaya operasional dengan asumsi tertentu, sehingga seolah-olah biaya operasional kecil, sehingga dengan skala penjualan lebih kecil seakan-akan bisnis sudah menghasilkan keuntungan. Hal seperti saya sebut di atas itu yang sering membuat bisnis franchise gagal baik karena outlet-outletnya bangkrut maupun karena para franchiseenya kecewa dan marah kepada franchisor,” ungkapnya.

Terkait kepada mitra yang sudah tergabung atau ingin bergabung dalam bisnis waralaba bersegmentasi logistik dan kurir ini, Bije mengimbau supaya selektif dan kritis atau istilahnya ‘prudent’ dalam memilih franchise.

Artinya, kata dia, tidak begitu saja percaya kepada franchhisor. “Pahami bahwa bisnis itu setelah selesai urusan teknisnya, hanyalah urusan aritmetika sederhana: tambah, kurang, kali dan bagi. Pelajari rencana bisnis dan rencana keuangannya dengan seksama. Pada akhirnya franchisee adalah pihak yang paling berkepentingan akan sukses atau tidaknya outlet franchise,” tandasnya.

Soal segmen bagian mana yang paling baik dari logistik, kata Bije, tergantung panggilan hidup dan passion masing-masing. Tetapi biasanya, lanjutnya, yang paling sering diterapkan franchise adalah sektor pick-up point. “Dan karena segmen itu tidak bisa berdiri sendiri, padahal di situlah terjadi kontak dengan pelanggan, dalam hal ini adalah pengirim atau pemilik barang, maka apabila tidak memperhitungkan kehandalan segmen di atasnya, yaitu ekspedisi dan pergudangannya bagaimana, ini bisa berbahaya, bisa menjadi sasaran kemarahan pelanggan,” terangnya.

Menjelang akhir tahun 2016 dan menyongsong tahun 2017 pun Bije menilai tidak ada rumus pasti dalam bebisnis. Bije menganalogikan layaknya menyetir mobil keluar dari garasi. “Yang penting prinsipnya yang saya sampaikan tadi harus dipegang dulu. Setelah itu tindakan-tindakan teknis dan taktis disesuaikan dengan kondisi yang ada. Auto pilot dalam bisnis hanyalah sebuah fungsi yang tidak dapat menggantikan keberadaan pilot. Pilotlah yang harus menentukan kapan fungsi auto pilot diaktifkan dan kapan dia harus mengendalikan sendiri secara manual dengan mengandalkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuannya,” tutupnya.

 


Bagikan ke teman:   Facebook! Twitter! GooglePlus! LinkedIn

Tags: waralaba logistik

Isi Komentar

Setiap komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim. Redaksi berhak menutup akses atau mengubah kata-kata yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan).
Artikel Lainnya
Pilih Bisnismu...
Nitrogen
Dapoer Roti Bakar
Crispyku Fried Chicken
Kedai Kapal Api
Alfamart
Kane Fried Chicken
Bubble n me

FRANCHISE MEMBER

NEW OPPORTUNITIES
Robotics
Royal Garden Spa
Kopi Oey
Carvil
Waffelicious
NaavaGreen Skincare
Apotek K-24
Waralaba Kedai 27

Peringati Hari Kartini, Gratis Pulsa 25 Ribu Di SHOP&DRIVE

Tokoh pahlawan nasional bergender wanita ini sangat menjadi inspirasi bagi kaum hawa di Indonesia. Sepeninggal Kartini, cita-cita ...

UMC Indonesia! Kursus Matematika Dengan Segudang Metode Belajar

Salah satu menggapai impian itu diantaranya ialah mendidik para buah hati untuk menjadi insan yang cerdas. Namun, bukan hal ...

Usai Pamulang, Kane Fried Chicken Bersiap Buka Outlet Kedua Di Bali

Kane Fried Chicken yang dikenal dengan peluang bisnis ayam goreng tepung skala booth dan mini resto, kini tengah menikmati ...

D’Penyetz Buka Outlet Ke-17 Di Kuala Lumpur Malaysia

Usaha ayam penyet tidak hanya tumbuh subur di bumi Indonesia. Di negera tetangga seperti Malaysia, kuliner tradisional khas Nusantara ...

Kopi Kapal Api Geliatkan Perekonomian Indonesia Hingga Ke Pelosok Daerah

Ketenaran merek Kopi Kapal Api yang membumi di seluruh Indonesia membawa dampak yang luar biasa bagi banyak orang. Tidak ...

FRANCHISE 2017

Franchise Business Knowledge


Waralaba Indonesia

Franchise Indonesia sangat berkembang, untuk itu FranchiseGlobal.com hadir sebagai portal berita pusat informasi tentang Franchise Indonesia terlengkap. Dengan memberikan informasi mengenai berita terkini tentang Franchise Indonesia, Business Clinics, Articles, dan kisah sukses para entrepreneur dalam membangun bisnisnya.

Selain itu Anda bisa melihat berbagai macam peluang franchise dari berbagai macam kategori franchise atau waralaba yang bisa Anda temukan, seperti: franchise makanan, franchise pendidikan, franchise minimarket, franchise otomotif, franchise apotek, franchise karaoke, franchise bengkel dan spare part, franchise resto, franchise international dan masih banyak yang lainnya.

Bisnis Waralaba

FranchiseGlobal.com adalah pusat informasi bisnis waralaba terpercaya, dimana Anda bisa dapatkan referensi berbagai peluang bisnis. Dengan membuka FranchiseGlobal.com Anda akan mendapatkan berbagai macam bisnis yang menjanjikan baik waralaba Indonesia maupun franchise internasional.

FranchiseGlobal.com juga memberikan berbagai pilihan bisnis dengan berbagai pilihan investasi yang menarik mulai dari puluhan juta hingga milyaran rupiah. Pastikan Anda selalu update informasi terkini berbagai bisnis waralaba. Dapatkan informasi bisnis franchise dengan mudah dan kapan saja, hanya satu klik, ketemuan langsung bisa berbisnis. Untuk mendapatkan informasi bisnis terlengkap dan terpercaya jangan lupa kunjungi FranchiseGlobal.com.

Peluang Usaha

Peluang Usaha terlengkap bisa Anda dapatkan di FranchiseGlobal.com. Sebagai pusat informasi bisnis waralaba dan peluang usaha terkini FranchiseGlobal.com memberikan layanan informasi gratis mengenai peluang usaha apa yang sedang populer, peluang usaha murah, ataupun bertanya mengenai bagaimana mendapatkan peluang usaha yang sesuai dengan passion Anda.

Selain itu jika Anda sebagai pemilik peluang usaha, Anda bisa berkonsultasi mengenai bagaimana mengembangkan usaha dan mengatasi persoalan yang ada. Hal ini dilakukan sebagai langkah supaya FranchiseGlobal.com bisa menjadi sahabat setia yang selalu ada pada saat peluang bisnis Anda sedang berkembang hingga sudah berjaya.


OUR PARTNER

DISCLAIMER
FranchiseGlobal.com tidak bertanggungjawab atas segala bentuk transaksi yang terjalin antara pembaca, pengiklan, dan perusahaan yang tertuang dalam website ini. Kami sarankan untuk bertanya atau konsultasi kepada para ahli sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Tidak semua bisnis yang ditampilkan dalam FranchiseGlobal.com menerapkan konsep franchise semata, melainkan menggunakan konsep franchise, lisensi, dan kemitraan.
Member of:

X
JANGAN LEWATKAN
UMC Indonesia! Kursus Matematika Dengan Segudang Metode Belajar Usai Pamulang, Kane Fried Chicken Bersiap Buka Outlet Kedua Di Bali