new

franchise indonesia, waralaba makanan, peluang bisnis, franchise minuman, franchise minimarket, bisnis franchise 2017

Indonesia Digital Popular Brand (IDPBA) 2017 Anugerah Wirausaha Indonesia (AWI) 2017

FIND A FRANCHISE

Soroti Prospek Bisnis Waralaba Otomotif 2017! Coach Yusman Susanto : “Gunakan Strategi Marketing Online Dan Offline Yang Baik”


Posted by:      3 Januari 2017 - 18:12 WIB    1048 Viewers
Seiring membludaknya jumlah kendaraan di Indonesia maka potensi mengembangkan bisnis waralaba otomotif baik dari segi maintance maupun pengadaan spare part semakin menggiurkan terlebih memasuki awal tahun 2017, dimana potensi bertambahnya jumlah kendaraan di jalan raya semakin besar
Soroti Prospek Bisnis Waralaba Otomotif 2017! Coach Yusman Susanto : “Gunakan Strategi Marketing Online Dan Offline Yang Baik”

Coach Yusman Susanto

Seiring membludaknya jumlah kendaraan di Indonesia maka potensi mengembangkan bisnis waralaba otomotif baik dari segi maintance maupun pengadaan spare part semakin menggiurkan terlebih memasuki awal tahun 2017, dimana potensi bertambahnya jumlah kendaraan di jalan raya semakin besar tiap tahunnya. Momentum ini tentunya akan dimanfaatkan oleh pebisnis waralaba yang bergerak dibidang otomotif ini. Namun pertanyaannya, strategi apa yang harus dilakukan oleh para pebisnis guna meraup keuntungan yang potensial?

Senior Master Business Coach ActionCOACH Indonesia, Yusman Susanto mengemukakan bahwa pebisnis waralaba segmentasi otomotif harus bisa menjalankan tiga poin guna meraup prospek yang potensial. Tiga poin itu ialah pertama melakukan Strategi Edukasi & Komunikasi kepada pelanggan. Kemudian, lanjut Yusman, para pebisnis ini dituntut harus mengedukasi kepada target pelanggannya. “Apa nilai tambah atau lebih dan berbeda dibanding toko atau bengkel lainnya. Apa juga kemudahan-kemudahan yang ditawarkan jika berbelanja dengan mereka, apa jasa atau produk yang mempermudah mereka menyeslesaikan masalah seputar kenderaan mereka,” katanya kepada franchiseglobal.com.

Ketiga, lanjut Yusman, gunakan strategi komunikasi dengan strategi marketing offline maupun online. “Terutama online, karena banyak pengguna sosial media juga adalah pemilik kenderaan. Tetapi tidak semua pemilik kenderaan adalah pengguna aktif social media. Contoh pengusaha tingkat tertentu tidak aktif di social media dan hanya bisa dijangkau melalui cara-cara marketing berbentuk offline,” terangnya.

Strategi jemput bola pun dinilai Coach Yusman juga bisa efektif menggaet pasar. Menurutnya, strategi ini efektif manakala target pelanggan utamanya adalah tipe pelanggan yang ingin memiliki pelayanan “dijemput atau dilokasi langsung”.Maka, lanjut Yusman, bisnis tersebut pastinya disarankan memiliki jasa untuk melayani di lokasi pelanggan. “Saya sudah pernah merasakan jasa seperti ini ketika melakukan penggantian salah satu suku cadang mobil saya, dan saya menghargai jasa ini dengan membayar sedikit mahal,” ungkapnya.

Berbicara mengenai nilai investasi yang cukup tinggi untuk bisnis ini, Coach Yusman menilainya sebagai suatu hal yang lumrah dan bisa dilihat dari dua model kemitraan atau franchise yakni mitra sebagai investor dan mitra sebagai pelaksana.

Menurutnya, jika mitra bertindak sebagai investor maka maka sudah jelas keberhasilan bisnis tersebut sangat tergantung dengan strategi bisnis pemilik merek atau waralaba dalam mengedukasi dan mengkomunikasi jasa dan produk bisnsi tersebut. Beserta pengembangan produk dan jasa. “Dari pihak mitra yang melakukan investasi, sebelum melakukan kemitraan, perlu sangat jeli dalam melihat hasil bukti nyata keberhasilan si pemegang merek dalam mencetak mitra-mitra lainnya yang sudah berhasil maupun yang tidak berhasil,” tuturnya.

Namun, lanjutnya, jika sistem model waralaba atau kemitraan ini memakai model kedua, yaitu mitra sebagai pelaksana, maka keberhasilan sangat tergantung pada kedua belah pihak dalam melaksanakan strategi edukasi dan komunikasi ke target pasar “Artinya, pihak pemegang merek, mengembangkan produk dan jasa yang sesuai selera pasar dan pihak mitra sebagai pelaksana, menjalankan SOP bisnis 100 persen,” tuturnya.

Diakhir arahannya, Coach Yusman menilai besarnya jumlah kendaraan di Indonesia pastinya membuka peluang bisnis yang berhubungan dengan otomotif terutama dari sisi aksesoris dan begitu juga perawatan(maintainance) kenderaan.

Namun, apakah bisnis waralaba otomotif ini bisa maju? Coach Yusman menjawab relatif. Menurutnya, semua itu tergantung dari apa yang ditawarkan bisnis-bisnis ini. “Apakah bisnis model baru ini memiliki perbedaaan dan nilai tambah lebih dibanding dengan bengkel-bengkel tradisional, bengkel-bengkel ATPM, maupun toko-toko tradisional yang menjual aksesori kenderaan, yang sudah beroperasi bertahun-tahun,” tutupnya.


Bagikan ke teman:   Facebook! Twitter! GooglePlus! LinkedIn

Tags: bisnis otomotif, bengkel mobil,bengkel motor

Isi Komentar

Setiap komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim. Redaksi berhak menutup akses atau mengubah kata-kata yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan).
Artikel Lainnya
Pilih Bisnismu...
Nitrogen
Kane Fried Chicken
Dapoer Roti Bakar
Crispyku Fried Chicken
Kedai Kapal Api
Sabana Fried Chicken
Alfamart
The Billionare Tour

FRANCHISE MEMBER

OPPORTUNITIES INDEX
RJ STEEL
Robotics
Coffee Toffee
FRANCHISE 2017
Kopi Oey
REFIT GYM
Waffelicious
Nav Karaoke
NaavaGreen Skincare
Apotek K-24
Waralaba Kedai 27
Ayam Gepuk Pak Gembus

Crispyku Fried Chicken Gencar Lebarkan Sayap Lewat Konsep Mini Resto

Terbukti sudah, bisnis kuliner ayam goreng tepung atau fried chicken memang masih menjadi peluang bisnis yang kompeten. Salah satu ...

Bambu Spa Kibarkan Bendera Indonesia Di Ajang Franchise Expo Filipina

Mengibarkan bendera Indonesia di negara asing tidak hanya menjadi monopoli para atlet olahraga nasional semata. Di tengah gencarnya perdagangan ...

Inovasi dan Akulturasi Rasa Buat Black Kebab Digemari Masyarakat

Suatu bisnis kuliner bisa dikategorikan sebagai bisnis yang mempunyai inovasi dan kreatif manakala menyajikan makanan bertema dari luar negeri ...

Dalam Satu Hari, NaavaGreen Buka Dua Cabang Sekaligus Di Denpasar dan Batam

NaavaGreen Skin Care masih membuktikan jika klinik kecantikan banyak dibutuhkan oleh masyarakat luas. Tidak hanya di kota-kota Pulau Jawa ...


Popular of The Week


Waralaba Indonesia

Franchise Indonesia sangat berkembang, untuk itu FranchiseGlobal.com hadir sebagai portal berita pusat informasi tentang Franchise Indonesia terlengkap. Dengan memberikan informasi mengenai berita terkini tentang Franchise Indonesia, Business Clinics, Articles, dan kisah sukses para entrepreneur dalam membangun bisnisnya.

Selain itu Anda bisa melihat berbagai macam peluang franchise dari berbagai macam kategori franchise atau waralaba yang bisa Anda temukan, seperti: franchise makanan, franchise pendidikan, franchise minimarket, franchise otomotif, franchise apotek, franchise karaoke, franchise bengkel dan spare part, franchise resto, franchise international dan masih banyak yang lainnya.

Bisnis Waralaba

FranchiseGlobal.com adalah pusat informasi bisnis waralaba terpercaya, dimana Anda bisa dapatkan referensi berbagai peluang bisnis. Dengan membuka FranchiseGlobal.com Anda akan mendapatkan berbagai macam bisnis yang menjanjikan baik waralaba Indonesia maupun franchise internasional.

FranchiseGlobal.com juga memberikan berbagai pilihan bisnis dengan berbagai pilihan investasi yang menarik mulai dari puluhan juta hingga milyaran rupiah. Pastikan Anda selalu update informasi terkini berbagai bisnis waralaba. Dapatkan informasi bisnis franchise dengan mudah dan kapan saja, hanya satu klik, ketemuan langsung bisa berbisnis. Untuk mendapatkan informasi bisnis terlengkap dan terpercaya jangan lupa kunjungi FranchiseGlobal.com.

Peluang Usaha

Peluang Usaha terlengkap bisa Anda dapatkan di FranchiseGlobal.com. Sebagai pusat informasi bisnis waralaba dan peluang usaha terkini FranchiseGlobal.com memberikan layanan informasi gratis mengenai peluang usaha apa yang sedang populer, peluang usaha murah, ataupun bertanya mengenai bagaimana mendapatkan peluang usaha yang sesuai dengan passion Anda.

Selain itu jika Anda sebagai pemilik peluang usaha, Anda bisa berkonsultasi mengenai bagaimana mengembangkan usaha dan mengatasi persoalan yang ada. Hal ini dilakukan sebagai langkah supaya FranchiseGlobal.com bisa menjadi sahabat setia yang selalu ada pada saat peluang bisnis Anda sedang berkembang hingga sudah berjaya.


OUR PARTNER

DISCLAIMER
FranchiseGlobal.com tidak bertanggungjawab atas segala bentuk transaksi yang terjalin antara pembaca, pengiklan, dan perusahaan yang tertuang dalam website ini. Kami sarankan untuk bertanya atau konsultasi kepada para ahli sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Tidak semua bisnis yang ditampilkan dalam FranchiseGlobal.com menerapkan konsep franchise semata, melainkan menggunakan konsep franchise, lisensi, dan kemitraan.
Member of:

X
JANGAN LEWATKAN
Bambu Spa Kibarkan Bendera Indonesia Di Ajang Franchise Expo Filipina Inovasi dan Akulturasi Rasa Buat Black Kebab Digemari Masyarakat