Indonesia Digital Popular Brand (IDPBA) 2017 Anugerah Wirausaha Indonesia (AWI) 2017

Nama Brand : SHOP & DRIVE

Tahun Berdiri : 2000

Badan Hukum : PT. Astra Autoparts

Jumlah Outlet : > 300 Outlet

Minimal Investasi : Rp. 446.000.000-

PROFIL SHOP&DRIVE

SHOP&DRIVE merupakan merk dagang dari toko Retail Modern yang dimiliki oleh PT. Astra Otoparts Tbk. Toko Retail tersebut dibentuk untuk menyediakan tempat terpercaya bagi konsumen dalam mendapatkan produk otomotif fast moving seperti : Oli, Aki, dan ShockAbsorber, dengan kualitas yang terjamin.

PT. Astra Otoparts Tbk mulai membangun bisnis Retail Modern ini sejak tahun 1998, semula dengan nama Super "A", dan kemudian dirubah namanya menjadi SHOP&DRIVE di tahun 2000. Pendirian bisnis ini dilatarbelakangi oleh trend perilaku konsumen yang semakin mengarah kepada retail modern (keinginan untuk bisa dengan bebas melihat, menyentuh dan memilih-milih produk sendiri) dan tumbuhnya budaya instan (ingin cepat) seiring dengan gaya hidup yang semakin urban. Namun di sisi lain pengetahuan dari kebanyakan konsumen mengenai suku cadang kendaraan bermotor relatif terbatas, sehingga kasus di mana konsumen terjebak dengan ketidakaslian produk cukup sering ditemui. Akibatnya kendaraan konsumen yang bernilai mahal menjadi rusak / cepat rusak. Maka dalam rangka membantu konsumen dalam mendapatkan produk-produk otomotif fast moving yang dibutuhkannya dengan cepat dan nyaman, dan memastikan produk-produk tersebut terjamin kualitasnya serta sesuai dengan spesifikasi kendaraan yang akan menggunakannya, didirikanlah toko Retail SHOP&DRIVE.

Sesuai dengan salah satu butir CATUR DHARMA ASTRA, yaitu "Menjadi Aset yang bermanfaat bagi bangsa", maka PT. Astra Otoparts Tbk membuka diri untuk membagi peluang bisnis tersebut kepada pihak-pihak yang berminat. Konsep yang dipilih untuk menjalin kerjasama tersebut adalah Waralaba, karena konsep Waralaba diyakini akan sangat membantu pihak-pihak yang berminat untuk belajar memiliki dan mengelola bisnis sendiri tanpa memulai dari titik nol, sehingga peluang keberhasilan usahanya menjadi lebih besar. Tentunya pihak yang bekerja sama (Penerima Waralaba) harus bersedia mengikuti aturan-aturan main yang ditetapkan oleh pihak PT. Astra Otoparts sebagai Pemilik Merk & Pemberi Hak Usahanya (Pemberi Waralaba).

KEUNGGULAN SHOP & DRIVE
"TERUJI & DAPAT DIPERCAYA"

  1. Trustworthy
    (Jaminan kualitas dan keaslian produk)
  2. Uniformity of Service
    (Keseragaman layanan di seluruh outlet)
  3. Quick and Reliable
    (Service yang cepat & andal)
  4. Personalized
    (Pelayanan yang nyaman dan personal)
  5. Green Company
    (Ramah lingkungan)

OUR ACHIVMENT

WHY US?

Kenapa Anda perlu bergabung dalam Franchise SHOP&DRIVE? Kenapa tidak berbisnis sendiri saja?

Karena dengan konsep Waralaba, akan sangat membantu Pihak Penerima Waralaba belajar memiliki dan mengelola bisnis sendiri tanpa harus memulai dari titik nol, sehingga peluang keberhasilan usahanya menjadi lebih besar. Adapun alasan perlunya bergabung dengan Waralaba S&D adalah :

  • Produknya berkualitas, dijamin Asli & banyak dibutuhkan.
  • Tidak perlu repot negosiasi dengan banyak pihak.
  • Pembelian tanpa minimum Qty, dan diantar ke toko tanpa kena biaya.
  • Mekaniknya dilatih dengan standar Astra.
  • Adanya dukungan Operasional, berupa Panduan dan Konsultasi Manajemen Outlet.
  • Adanya dukungan Marketing, bekerjasama dengan Partner-partner terkenal.
  • Operasional didukung Sistem Komputer Terpadu, sehingga memudahkan Pemilik mencek kesesuaian stok dan hasil penjualan toko, tanpa perlu datang ke toko setiap hari.
  • Jaringan toko yang banyak dan tersebar luas, sehingga punya 1 toko seperti punya banyak toko(tenar & antar toko bisa saling membantu).
  • Margin keuntungan menarik.

Bagaimana dengan Tenaga Kerjanya?

PT. Astra Otoparts selaku Pemberi Waralaba dapat membantu menyediakan tenaga kerja mekanik untuk toko S&D Penerima Waralaba, namun lebih disarankan agar Penerima Waralaba merekrut sendiri tenaga kerjanya sesuai persyaratan yang diberikan oleh kami selaku Pemberi Waralaba. Kami akan membantu proses seleksi dan melatih tenaga kerjanya sehingga menjadi sesuai standar S&D.

FRANCHISE SHOP&DRIVE

Persyaratan Franchisee

  • Bersedia mematuhi segala ketentuang yang ditetapkan oleh Pemberi Waralaba
  • Memiliki Lokasi yang strategis
  • Memiliki Dana yang mencukupi
  • Memiliki Keinginan & Semangat yang kuat untuk Berusaha
  • Berusaha dalam bentuk Badan Usaha (CV/PT/Koperasi/Yayasan)

PROYEKSI DANA YANG DIBUTUHKAN FRANCHISEE

  1. Shop sign & pajak reklame tahun pertama tanggungan AOP, pajak reklame tahun-tahun berikutnya tanggungan Franchisee
  2. Franchisee wajib membayar Fee setiap bulannya. Besarnya Fee yang berlaku saat ini adalah 3% dari Nilai Penjualan di luar PPN (1,5% Royalty Fee dan 1,5% Management Fee).
  3. Segala item investasi yang mengandung identitas SHOP&DRIVE wajib dibeli melalui Franchisor

STEPS

  1. Penjelasan mengenai Waralaba SHOP&DRIVE secara garis besar.
  2. Bila berminat & sudah memiliki lokasi, calon Franchise membayar biaya survey lokasi sebelum survey dilakukan.
  3. Penjelasan mengenail hasil survey.
  4. Bila lokasi OK dan franchise berminat melanjutkan, lanjut ke Persiapan Perjanjian Kerjasama. Bila tidak, stop sampai disini.
  5. Franchise membuat dan melengkapi dokumen legal, meliputi: Akte Badan Usaha, KTP Pengurus, Surat Keterangan Domisili, NPWP, SIUP, PKP, UUG, STPW, dll.
  6. Franchisor memberikan rincian Initial Fee + rincian detail dana investasi awal kepada calon franchisee.
  7. Draft perjanjian kerja sama diberikan kepada calon franchisee untuk dipelajari sebelum penandatanganan.
  8. Membayar Initial Fee dan menyetorkan dana untuk pengadaan perlengkapan toko ke Franchisor.
  9. Persiapan Man Power, termasuk Recruitment & Training (+/-2 Bulan).
  10. Renovasi Bangunan & pengadaan segala perlengkapanya.

BIAYA SURVEY SHOP&DRIVE

DKI Jakarta
Rp.200.000,-
Tangerang, Depok, Bogor, Bekasi
Rp.300.000,-
Jawa Barat, Banten
Rp.500.000,-
Jawa Tengah
Rp.850.000,-
Jawa Timur
Rp.1.000.000,-
Luar Jawa
Rp.2.000.000,-

TESTIMONI INVESTOR SHOP&DRIVE

Suseno, 63 tahun, Pensiunan :

"Sebelumnya saya adalah karyawan swasta di perusahaan komponen kendaraan bermotor. Menjelang pensiun, saya mencari kegiatan apa yang bisa membantu saya mengisi hari-hari pensiun saya dana bisa membantu memenuhi kebuthan sehari-hari pensiun saya mengisi hari-hari pensiun saya dan bisa membantu memenuhi kebuthan sehari-hari, mengingat anak-anak saya masih membutuhkan biaya untuk menyelesiakan pendidikannya. Kebetulan saya mendapat informasi mengenai waralaba SHOP&DRIVE, dan memutuskan untuk bergabung.

Saat ini sudah 10 tahun saya menjadi Penerima Waralaba SHOP&DRIVE, dan tidak memiliki usaha yang lain. Saya bersyukur dari usaha Waralaba yang saya jalani, anak-anak bisa menyelesaikan pendidikannya, dan kebutuhan hidup saya sehari-hari terpenuhi. Sungguh saya sangat bersyukur telah memilih SHOP&DRIVE sebagai usaha dimasa pensiun saya."

Andrea Herbowo, 33 tahun, Wiraswasta :

"Saya berhasil berasal dari keluarga yang memiliki bisnis di sektor otomotif, dan memiliki konsep bisnis yang saya nilai cukup OK, dengan hanya menjual produk-produk umum yang dibutuhkan dan dapat digunakan oleh semua merk kendaraan, sehingga hampir tidak ada produk yang tidak terjual.

Rospita, 52 tahun, Wirausaha

"Sebagai ibu rumah tangga, saya tidak betah duduk diam didalam rumah. Untuk mencari kegiatan, saya mengambil beberapa peluang usaha,mulai dari makanan, salaon, pendidikan, sampai otomotif. Saya tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk masing-masing bisnis yang saya ambil, sehingga saya benar-benar menyadarkan pada dukungan yang diberikan oleh masing-masing merk usaha tersebut. Dengan berjalannya waktu, saya mendapati beberapa usaha yang saya ikuti kurang memberikan dukungan, ataupun hasil yang didapat kurang memadai, sehingga satu persatu saya tutup, dan fokus pada usaha yang benar-benar menguntukan. Salah satu yang saya pertahankan adalah usaha SHOP&DRIVE.

Saat ini sudah 10 tahun saya menjalankan usaha toko SHOP&DRIVE, dan telah memiliki 3 toko. Saya sangat puas dengan usaha ini, karena manajemennya dapat saya atur sendiri, dan berbagai dukungan yang diberikannya, baik dalam hal marketing, support, superivisi, maupun keuntungan. Kalau bisa, saya berncana memiliki 10 toko SHOP&DRIVE. Hehehe..."

Asnawi, 51 tahun, Wiraswasta :

"Semula saya karyawan diperusahaan distribusi sepedah motor. Lalu saya tertarik untuk mencoba berwirausaha dibidang otomotif. Kebetulan saya adalah pelanggan tetap toko SHOP&DRIVE, dan melihat usahanya, sayapun tertarik untuk memiliki sendiri tokok waralaba SHOP&DRIVE. Saya lalu membuka 1 toko SHOP&DRIVE di Jakarta Timur, dan hasilnya memuaskan, sehingga kurang dari 2 tahun kemudian saya membuka toko ke 2, dan sekarang ini saya sudah memiliki 3 toko SHOP&DRIVE. Hal yang sangat membantu dalam menjalankan usaha waralaba SHOP&DRIVE adalah merk-nya yang sudah cukup dikenal, dan dari grup Astra pula. Dukungan logistik barang yang cukup baik dan sistem operasional toko yang sudah komputerisasi, memudahkan saya selaku pemilik untuk mencek kesesuaian stok dan hasil penjualan toko, tanpa perlu saya datang ke toko setiap hari."

CONTACT FRANCHISE SHOP&DRIVE

REQUEST FOR MORE INFORMATION

Untuk informasi lebih lanjut tentang Shop&Drive, isi formulir aplikasi calon franchisee/mitra dibawah ini

DISCLAIMER
FranchiseGlobal.com tidak bertanggungjawab atas segala bentuk transaksi yang terjalin antara pembaca, pengiklan, dan perusahaan yang tertuang dalam website ini. Kami sarankan untuk bertanya atau konsultasi kepada para ahli sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Tidak semua bisnis yang ditampilkan dalam FranchiseGlobal.com menerapkan konsep franchise semata, melainkan menggunakan konsep franchise, lisensi, dan kemitraan.
Member of: