franchise indonesia, waralaba makanan, peluang bisnis, franchise minuman, franchise minimarket, bisnis franchise 2017

Indonesia Digital Popular Brand (IDPBA) 2017 Anugerah Wirausaha Indonesia (AWI) 2017

FIND A FRANCHISE

Jumlah Sepeda Motor Diproyeksikan Meningkat! Royandi Yunus: “Bisnis Waralaba Otomotif Akan Terdorong Maju”


Posted by:      5 Januari 2017 - 11:53 WIB    375 Viewers
Membaiknya infrastruktur hingga kepedesaan, serta revisi regulasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mengenai turunnya batasan minimum nilai Down Payment (DP), tentunya akan meningkatkan jumlah kendaraan di jalan.
Jumlah Sepeda Motor Diproyeksikan Meningkat! Royandi Yunus: “Bisnis Waralaba Otomotif Akan Terdorong Maju”

Namun terdapat kendala yakni masih terbatasnya jumlah bengkel yang siap menangani kendaraan. Dengan keterbatasan jumlah dari bengkel-bengkel resmi dari para dealer kendaraan, tentunya akan membuat antrian yang panjang di bengkel-bengkel resmi tersebut. Artinya harus ada penyeimbang antara jumlah kendaraan yang beredar dengan jumlah bengkel atau bisnis yang bersegmentasi otomotif. Hal inilah yang disoroti oleh pengamat senior waralaba dari IFBM (International Franchise Business Management), Royandi Yunus.

Royandi menilai, khusus peningkatan automotif roda dua (sepeda motor) pada tahun 2016, sebenarnya dibandingkan dengan data tahun 2015 mengalami sedikit penurunan penjualan sekitar 13% untuk total 11 bulan pertama yang sama. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena regulasi OJK yang menaikan nilai Down Payment untuk memiliki motor hingga empat kali lipat, walaupun kemudian direvisi kembali. “Revisi ini akan memberikan dampak positif yang besar untuk penjualan motor di tahun 2017. Perkiraan akan meningkatnya jumlah kendaraan, tentunya bisnis automotif ini akan terdorong maju, khususnya untuk bisnis yang berorientasi pada penanganan kendaraan roda dua,” katanya kepada FranchiseGlobal.com.

Namun, Royandi mengimbau kepada semua pihak terkait agar di tahun 2017 sejumlah bisnis bersegmentasi otomotif ini bisa mendapat kepercayaan dari para dealer kendaraan sebagai bengkel resmi suatu brand atau beberapa brand tertentu, maka akan sama panennya dengan pertumbuhan jumlah kendaraan.

Umumnya, kata Royandi, para pemilik kendaraan jarang kembali ke bengkel resmi karena perbedaan harga yang cukup menyolok dengan bengkel-bengkel umum. Maka dari itu, Royandi menilai perebutan pasar ini perlu dipersiapkan secara tepat. “Apa yang dilirik oleh konsumen dari bisnis yang bersegmentasi automotif ini biasanya adalah kemampuan teknisi yang baik,” ujarnya.  

Oleh sebab itu, kata Royandi, pelatihan dan pendidikan teknisi terkait perlu diperhatikan agar bisa mencetak teknisi yang berkualitas baik. Dalam franchising, lanjutnya, bisnis bersegmentasi automotif ini biasanya masalah pendidikan dan pelatihan sangatlah diperhatikan. “Jadi bila memang tertarik pada bisnis tersebut, janganlah membangun bisnis sendiri, tapi akan lebih menguntungkan bila melamar menjadi Franchisee,” tuturnya.

Terkait adanya wacana bahwa banyak pemilik kendaraan yang tidak mempunyai waktu cukup untuk datang ke bengkel sehingga dibutuhkan suatu layanan panggilan ke rumah, Royandi menilai hal tersebut sangat jarang terjadi. “Biasanya mereka menuju ke gerai bisnis tersebut umumnya adalah pada saat berangkat kerja atau saat pulang kerja. Bila menilai keadaan tersebut, maka bila lokasi gerai lebih dekat dengan perumahan, maka sangat dimungkinkan untuk meraup pelanggan lebih banyak dari lokasi lainnya. Tetapi tentunya kelengkapan produk juga menjadi sebuah syarat yang perlu dipenuhi,” ucapnya.

Besar kecilnya nilai investasi pun dinilai pengamat IFBM ini bukan sebuah kendala dalam menjalankan bisnis, kecuali bila modal yang dimiliki tidak memadai. Menurutnya, bila bicara nilai investasi, maka padanannya adalah dijawab dengan lamanya kembali modal alias payback period atau Break Even Point Investment (BEP). “Untuk itu, Franchisor tentunya perlu memonitor pencapaian sales dan pengeluaran biaya operasional dari para Franchisee atau mitra-mitra usahanya, apakah sesuai dengan perencanaan yang dibuat bersama berdasarkan pengalaman sukses Franchisor. Salah satu kunci keberhasilan bagi para Franchisee adalah kelayakan lokasi usaha yang disetujui oleh Franchisor  serta ketaatan Franchisee dalam mengikuti prosedur operasi yang telah disusun oleh Franchisor,” tutupnya.


Bagikan ke teman:   Facebook! Twitter! GooglePlus! LinkedIn

Tags: bisnis otomotif, bengkel mobil,bengkel motor

Isi Komentar

Setiap komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim. Redaksi berhak menutup akses atau mengubah kata-kata yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan).
Artikel Lainnya
Pilih Bisnismu...
Nitrogen
Dapoer Roti Bakar
Crispyku Fried Chicken
Kedai Kapal Api
Alfamart
Kane Fried Chicken
Bubble n me

FRANCHISE MEMBER

NEW OPPORTUNITIES
Robotics
Royal Garden Spa
Kopi Oey
Carvil
Waffelicious
NaavaGreen Skincare
Apotek K-24
Waralaba Kedai 27

Peringati Hari Kartini, Gratis Pulsa 25 Ribu Di SHOP&DRIVE

Tokoh pahlawan nasional bergender wanita ini sangat menjadi inspirasi bagi kaum hawa di Indonesia. Sepeninggal Kartini, cita-cita ...

UMC Indonesia! Kursus Matematika Dengan Segudang Metode Belajar

Salah satu menggapai impian itu diantaranya ialah mendidik para buah hati untuk menjadi insan yang cerdas. Namun, bukan hal ...

Usai Pamulang, Kane Fried Chicken Bersiap Buka Outlet Kedua Di Bali

Kane Fried Chicken yang dikenal dengan peluang bisnis ayam goreng tepung skala booth dan mini resto, kini tengah menikmati ...

D’Penyetz Buka Outlet Ke-17 Di Kuala Lumpur Malaysia

Usaha ayam penyet tidak hanya tumbuh subur di bumi Indonesia. Di negera tetangga seperti Malaysia, kuliner tradisional khas Nusantara ...

Kopi Kapal Api Geliatkan Perekonomian Indonesia Hingga Ke Pelosok Daerah

Ketenaran merek Kopi Kapal Api yang membumi di seluruh Indonesia membawa dampak yang luar biasa bagi banyak orang. Tidak ...

FRANCHISE 2017

Franchise Business Knowledge


Waralaba Indonesia

Franchise Indonesia sangat berkembang, untuk itu FranchiseGlobal.com hadir sebagai portal berita pusat informasi tentang Franchise Indonesia terlengkap. Dengan memberikan informasi mengenai berita terkini tentang Franchise Indonesia, Business Clinics, Articles, dan kisah sukses para entrepreneur dalam membangun bisnisnya.

Selain itu Anda bisa melihat berbagai macam peluang franchise dari berbagai macam kategori franchise atau waralaba yang bisa Anda temukan, seperti: franchise makanan, franchise pendidikan, franchise minimarket, franchise otomotif, franchise apotek, franchise karaoke, franchise bengkel dan spare part, franchise resto, franchise international dan masih banyak yang lainnya.

Bisnis Waralaba

FranchiseGlobal.com adalah pusat informasi bisnis waralaba terpercaya, dimana Anda bisa dapatkan referensi berbagai peluang bisnis. Dengan membuka FranchiseGlobal.com Anda akan mendapatkan berbagai macam bisnis yang menjanjikan baik waralaba Indonesia maupun franchise internasional.

FranchiseGlobal.com juga memberikan berbagai pilihan bisnis dengan berbagai pilihan investasi yang menarik mulai dari puluhan juta hingga milyaran rupiah. Pastikan Anda selalu update informasi terkini berbagai bisnis waralaba. Dapatkan informasi bisnis franchise dengan mudah dan kapan saja, hanya satu klik, ketemuan langsung bisa berbisnis. Untuk mendapatkan informasi bisnis terlengkap dan terpercaya jangan lupa kunjungi FranchiseGlobal.com.

Peluang Usaha

Peluang Usaha terlengkap bisa Anda dapatkan di FranchiseGlobal.com. Sebagai pusat informasi bisnis waralaba dan peluang usaha terkini FranchiseGlobal.com memberikan layanan informasi gratis mengenai peluang usaha apa yang sedang populer, peluang usaha murah, ataupun bertanya mengenai bagaimana mendapatkan peluang usaha yang sesuai dengan passion Anda.

Selain itu jika Anda sebagai pemilik peluang usaha, Anda bisa berkonsultasi mengenai bagaimana mengembangkan usaha dan mengatasi persoalan yang ada. Hal ini dilakukan sebagai langkah supaya FranchiseGlobal.com bisa menjadi sahabat setia yang selalu ada pada saat peluang bisnis Anda sedang berkembang hingga sudah berjaya.


OUR PARTNER

DISCLAIMER
FranchiseGlobal.com tidak bertanggungjawab atas segala bentuk transaksi yang terjalin antara pembaca, pengiklan, dan perusahaan yang tertuang dalam website ini. Kami sarankan untuk bertanya atau konsultasi kepada para ahli sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Tidak semua bisnis yang ditampilkan dalam FranchiseGlobal.com menerapkan konsep franchise semata, melainkan menggunakan konsep franchise, lisensi, dan kemitraan.
Member of:

X
JANGAN LEWATKAN
UMC Indonesia! Kursus Matematika Dengan Segudang Metode Belajar Usai Pamulang, Kane Fried Chicken Bersiap Buka Outlet Kedua Di Bali