Indonesia Digital Popular Brand (IDPBA) 2017 Anugerah Wirausaha Indonesia (AWI) 2017

FIND A FRANCHISE

Dibalik Suksesnya Owner PEMPEK FARINA


Posted by:      29 Desember 2016 - 11:34 WIB    2222 Viewers
Namanya ialah Billy Firmansyah yang sukses mengusung brand bisnis waralaba kuliner PEMPEK FARINA.
Dibalik Suksesnya Owner PEMPEK FARINA

Pempek. Ya, siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Makanan yang berasal dari Palembang ini sudah pasti menyerap pangsa pasar yang besar. Makanan khas “Wong Kito” ini sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat. Kalangan muda maupun tua pasti menyukainya. Biasanya yang menjadi penjual makanan ini ialah orang yang berasal dari Palembang. Namun siapa sangka, justru pengusaha sukses pempek ini berasal dari Surabaya. Namanya ialah Billy Firmansyah yang sukses mengusung brand bisnis waralaba kuliner PEMPEK FARINA.

Dimulai sejak tahun 1994, saat itu Billy baru lulus Sekolah Menegah Atas (SMA). Namun, keadaan memaksanya untuk mencari sumber pendapatan karena orang tuanya sudah pensiun. Demi memenuhi kebutuhan hidupnya, akhirnya sang ibu yakni Ny.Farina diajarkan oleh adiknya cara membuat pempek. “Jadi waktu itu ibu saya yang buat pempeknya, saya yang jualan pempeknya memakai gerobak,” kata sang Owner PEMPEK FARINA ini kepada franchiseglobal.com.

Diawal dirinya berdagang Pempek tak semudah membalikkan telapak tangan. Billy menceritakan bagaimana dirinya pernah diusir orang kertika berjualan pempek menggunakan gerobak. Akhirnya dirinya pun memilih pindah di pinggir jalan raya hingga suatu waktu ada rekan yang mengajaknya membuka gerai di salah satu pujasera di kota Surabaya. “Akhirnya kita pindah ke pujasera itu dulu kita memakai nama Pempek 99,” terangnya.

Singkat cerita, pempek hasil olahannya pun kian lama makin digemari oleh pelanggan. Akhirnya Billy pada tahun 2006 mengubah nama Pempek 99 menjadi PEMPEK FARINA. Diakui Billy, pemilihan nama Farina merupakan ungkapan terimakasih kepada ibunda tercinta yang telah susah payah meracik menu istimewa Pempek ini. “Sebagai rasa terimakasih saya kepada ibu, saya mengabadikan nama beliau didalam bisnis ini,” terangnya.

Resep sang ibu inilah yang menjadi kunci rahasianya dan membedakan dari kompetitor lainnya. Diakui Billy, PEMPEK FARINA mempunyai ciri yang unik yakni lebih crispy dalam hasil gorengannya. Hal ini sengaja dibuat karena kultur masyarakat Surabaya yang gemar menikmati gorengan yang crispy.

Disamping itu, lanjutnya, bahan dasar yang digunakannya pun selalu masih fresh. Artinya, PEMPEK FARINA selalu menyajikan pempek dengan ikan yang masih segar. “Kami tidak menggunakan ikan yang frozen, kita semuanya memakai yang fresh,” ujarnya.

Dalam hal cuko atau kuah pempeknya pun, Billy mengakui bahwa bisnisnya menggunakan gula aren sebagai dasar pembuatan cuko nya. “Sehingga dari segi rasa dan warna pun berbeda dengan yang menggunakan kimia. Kita ingin semuanya alami dan fresh,” tuturnya.

Kini, bisnis waralaba kuliner PEMPEK FARINA sudah memiliki 20 gerai. Rencanaya, menutup akhir tahun ini sudah dilakukan tanda tangan kontrak untuk menambah 3 sampai 4 gerai lagi. “Untuk yang franchise kita akan rencana buka di Bali. Rencananya mau buka langsung 5 outlet di Bali, tapi kita koordinasikan untuk membuka 1 cabang dulu,” ujarnya.

Untuk nilai investasinya, bisnis waralaba kuliner PEMPEK FARINA mematok harga 315 juta rupiah dengan sistem paket. Dari sisi pengelolaan SDM nya pun boleh dibilang bisnis PEMPEK FARINA ini sudah menyeleksi ketat proses perekrutan SDM. “Hal ini penting supaya kita bisa mempersiapkan SDM yang sudah kompeten dan sudah di training dengan matang,” tutupnya.


Bagikan ke teman:   Facebook! Twitter! GooglePlus! LinkedIn

REQUEST FOR MORE INFORMATION

Untuk informasi lebih lanjut tentang Pempek Farina , isi formulir aplikasi calon franchisee/mitra dibawah ini

Tags: bisnis waralaba kuliner

Isi Komentar

Setiap komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim. Redaksi berhak menutup akses atau mengubah kata-kata yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan).
Artikel Lainnya
Pilih Bisnismu...
Nitrogen
Sabana Fried Chicken
Dapoer Roti Bakar
Crispyku Fried Chicken
Double Dipps Indonesia
Kane Fried Chicken
Alfamart
NEW OPPORTUNITIES
Robotics
Sangrai Pelopor Puyuh
Royal Garden Spa
Carvil
Waffelicious
NaavaGreen Skincare
Apotek K-24
Waralaba Kedai 27

Bisnis Kuliner Ayam Goreng Ini Makin Ekspansif Dan Inovatif Di Tahun 2017

Memasuki 2017, bisnis kuliner SABANA akan melakukan beberapa program dan sejumlah inovasi untuk menjaga market mereka. Hal ini diakui ...

KEDAI 27 Targetkan Opening 100 Outlet Kedai Kopi

Namun dari sekian banyak jumlah kedai kopi di Indonesia hanya sedikit kedai kopi saat ini yang menyajikan cita rasa ...

Kursus Renang ANAK AIR Sukses Opening Outlet Bersama RH Salon

Bisnis yang digawangi oleh Riandi Ridwan ini melakukan opening gerainya di kawasan Fatmawati Jakarta Selatan bersamaan atau satu tempat ...

Nuansa Rumahan dan Makanan Tradisional Jadi Kekuatan Resto Warung Tekko

Di zaman yang serba instan saat ini, perkembangan hal-hal baru begitu dinantikan oleh khalayak ramai. Selain soal perkembangan teknologi, ...

Air Minum Biru Tak Tergoyahkan Di Singgasana Bisnis Air Minum Isi Ulang

Sebagai pelopor waralaba depo air isi ulang di Indonesia, Air Minum Biru memang tak tergoyahkan di singgasana pucuk tertinggi ...

FRANCHISE 2016

Franchise Business Knowledge


Waralaba Indonesia

Franchise Indonesia sangat berkembang, untuk itu FranchiseGlobal.com hadir sebagai portal berita pusat informasi tentang Franchise Indonesia terlengkap. Dengan memberikan informasi mengenai berita terkini tentang Franchise Indonesia, Business Clinics, Articles, dan kisah sukses para entrepreneur dalam membangun bisnisnya.

Selain itu Anda bisa melihat berbagai macam peluang franchise dari berbagai macam kategori franchise atau waralaba yang bisa Anda temukan, seperti: franchise makanan, franchise pendidikan, franchise minimarket, franchise otomotif, franchise apotek, franchise karaoke, franchise bengkel dan spare part, franchise resto, franchise international dan masih banyak yang lainnya.

Bisnis Waralaba

FranchiseGlobal.com adalah pusat informasi bisnis waralaba terpercaya, dimana Anda bisa dapatkan referensi berbagai peluang bisnis. Dengan membuka FranchiseGlobal.com Anda akan mendapatkan berbagai macam bisnis yang menjanjikan baik waralaba Indonesia maupun franchise internasional.

FranchiseGlobal.com juga memberikan berbagai pilihan bisnis dengan berbagai pilihan investasi yang menarik mulai dari puluhan juta hingga milyaran rupiah. Pastikan Anda selalu update informasi terkini berbagai bisnis waralaba. Dapatkan informasi bisnis franchise dengan mudah dan kapan saja, hanya satu klik, ketemuan langsung bisa berbisnis. Untuk mendapatkan informasi bisnis terlengkap dan terpercaya jangan lupa kunjungi FranchiseGlobal.com.

Peluang Usaha

Peluang Usaha terlengkap bisa Anda dapatkan di FranchiseGlobal.com. Sebagai pusat informasi bisnis waralaba dan peluang usaha terkini FranchiseGlobal.com memberikan layanan informasi gratis mengenai peluang usaha apa yang sedang populer, peluang usaha murah, ataupun bertanya mengenai bagaimana mendapatkan peluang usaha yang sesuai dengan passion Anda.

Selain itu jika Anda sebagai pemilik peluang usaha, Anda bisa berkonsultasi mengenai bagaimana mengembangkan usaha dan mengatasi persoalan yang ada. Hal ini dilakukan sebagai langkah supaya FranchiseGlobal.com bisa menjadi sahabat setia yang selalu ada pada saat peluang bisnis Anda sedang berkembang hingga sudah berjaya.


OUR PARTNER

DISCLAIMER
FranchiseGlobal.com tidak bertanggungjawab atas segala bentuk transaksi yang terjalin antara pembaca, pengiklan, dan perusahaan yang tertuang dalam website ini. Kami sarankan untuk bertanya atau konsultasi kepada para ahli sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Tidak semua bisnis yang ditampilkan dalam FranchiseGlobal.com menerapkan konsep franchise semata, melainkan menggunakan konsep franchise, lisensi, dan kemitraan.
Member of:

X
JANGAN LEWATKAN
IT’s Buah, Jus Sembako dengan Omset Wow! Waralaba Es Batok 212; Dari Menu Nusantara Hingga Ekspansi Ke Negara Tetangga